Universitas Muhammadiyah Sumbar Segera Buka Fakultas Kedokteran Hewan di Payakumbuh 

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar) bakal mendirikan fakultas baru di Kota Payakumbuh. Rektor UM Sumbar Riki Saputra mengungkapkan, awalnya kampus tersebut berencana membuka Fakultas Kedokteran Umum, namun beber dia rencana tersebut terbentur moratorium.

“Awalnya Fakultas kedokteran Umum (FKU), namun karena ada moratorium atau penundaan, maka didahulukan membangun Fakultas Kedokteran Hewan (FKH),” papar Rektor UM Sumbar, Riki Saputra pada acara pengajian dan buka bersama di Kampus IV Payakumbuh beberapa waktu lalu, dilansir Padangkita.com dari laman muhammadiyah.or.id, Kamis (12/5/2022).

Menurut Rektor ada beberapa alasan membuka FKH di lokasi itu. Diantaranya, Payakumbuh memiliki potensi pengembangan pendidikan yang tak kalah dengan pusat Kota Padang. Di Kampus IV Koto Nan Ampek Payakumbuh ini UM Sumbar memiliki lahan cukup luas yakni sekitar 2 hektar.

“Untuk Fakultas Kedokteran Hewan di Pulau Sumatera baru ada 1, dan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Indonesia yang jumlahnya 165, kalau ini sukses terealisasi, maka bakal jadi FKH yang pertama untuk Universitas Muhammadiyah di Indonesia,” paparnya.

Pada kesempatan sama, Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi yang sudah eksis dengan Muhammadiyah ini menyampaikan apresiasi kepada UM Sumbar dengan rencana ini, apalagi yang dibuka adalah jurusan yang menjadi kebutuhan Sumbar, tak hanya Payakumbuh saja.

“Secara kultur dan sumber daya sangat memungkinkan karena sentra peternak Sumbar ada di Luak Limopuluah. Bayangkan spot khusus menyediakan peternakan untuk 1 peternakan saja bahkan ada yang 300-500 ternak dikelola, itu ternak besar,” kata Supardi.

Wulan Denura, Wakil Ketua DPRD menambahkan peluang fakultas baru yang dibuka dapat menambah perkembangan kota pada bidang pendidikan dan ekonomi di Payakumbuh.

Baca Juga: Siswa SMAN 2 Payakumbuh Antusias Dikunjungi Alumni Dr. Geofakta Razali

“Kami salut dan mengapresiasi UM Sumbar yang sudah punya bangunan megah dan ada masjid juga yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar,” tutupnya. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist