Unik dan Langka, Bunga Bangkai di Tilatang Kamang Agam Berbuah

Penulis: Agg
|
Editor: Zulfikar

Berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini: Bunga Bangka berbuah ditemukan di Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumbar.

Lubuk Basung, Padangkita.com – Unik dan peristiwa langka terjadi di Jorong Bukik Aia Tabik, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Di daerah itu ditemukan Bunga Bangkai dengan nama latin Amorphophallus Titanum berbuah.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Bukittinggi, Vera Ciko mengatakan, awalnya Bunga Bangka berbuah itu ditemukan oleh warga setempat.

Kemudian, kata Ciko, BKSDA Resor Bukittinggi langsung meninjau ke lokasi. “Berdasarkan laporan dari warga beberapa hari lalu. Kemudian, kami langsung menuju lokasi dan berhasil menemukannya. Benar, satu tandan buah Bunga Bangkai kita temukan di kawasan perbukitan yang cukup jauh dari pemukiman warga,” ujar Ciko kepada Padangkita.com, Rabu (14/4/2021).

Menurut Ciko, buah bunga bangkai itu memiliki biji yang diperkirakan sebesar buah pinang dengan warna merah.

Sementara, panjang tandan Bunga Bangkai itu 179 centimeter dengan lingkaran batang atau diameter 40 centimeter.

Berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini: Bunga Bangka berbuah ditemukan di Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumbar.
Bunga Bangkai berbuah ditemukan di Jorong Bukik Aia Tabik, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. [Foto: Dok. BKSDA Resor Bukittinggi]
“Ini buah sangat besar sekali, buahnya saat ini belum masak. Biasanya, waktu dari awal berbunga hingga berbuah berjarak lebih kurang enam bulan,” ungkap ciko.

Jika buahnya sudah masak, jelas Ciko, maka warnanya akan berwarna merah tua.

Baca juga: 17 Bunga Rafflesia dan 4 Bunga Bangkai Ditemukan Mekar di Agam

Selain ditemukan Bunga Bangkai berbuah, di sekitar lokasi, BKSDA Resor Bukittinggi juga menemukan dua kenop Rafflesia Arnoldii. [zfk]


Baca berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler