Berita

Unand Kembali Kukuhkan 5 Guru Besar Tetap

×

Unand Kembali Kukuhkan 5 Guru Besar Tetap

Sebarkan artikel ini

Padang, Padangkita.comUniversitas Andalas (Unand) kembali mengukuhkan lima Guru Besar Tetap yang berasal dari Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada Rabu (29/11/2023) di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis.

Lima guru besar yang dikukuhkan yakni Prof. Herviyanti, (Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Kimia dan Kesuburan Tanah pada Fakultas Pertanian, Prof. Yulnafatmawita, (Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Fisika Tanah pada Fakultas Pertanian), Prof. Afriwardi, (Guru Besar Tetap dalam Bidang Fisiolog (Keolahragaan) pada Fakultas Kedokteran), Prof. Donard Games, (Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Kewirausahaan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Prof. Harif Amali Rivai, (Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Perilaku Organisasi (Organizational Behavior) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Pengukuhan Guru Besar ini ditandai dengan pemasangan kalung kehormatan yang dipasangkan langsung oleh Ketua Dewan Prof. Marlina, yang didampingi oleh Rektor Universitas Andalas Yonnedi.

Dalam pengukuhan ini Prof. Herviyanti, menyampaikan orasi terkait Inovasi Teknologi Ameliorasi Tanah Marginal dan Tercemar untuk Pertanian Ramah Lingkungan. Lalu, Prof. Yulnafatmawita, fokus pada Mitigasi Emisi Gas CO2 dan Degradasi Lahan melalui Sekuestrasi Bahan Organik Tanah.

Selanjutnya, Prof. Afriwardi, Sp.KO dengan orasi berjudul “Menyongsong Masa Lansia: Perisai Diri dengan Latihan Fisik,”. Berikutnya, Prof. Donard Games, guru besar muda ini fokus pada “Suatu Titik Balik untuk Kewirausahaan Minangkabau,” Serta, Prof. Harif Amali Rivai Beliau fokus pada Fokus pada “Generasi Z: Transformasi Digital dan Tantangan Kekinian Mengelola Organisasi,”.

Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi merasa bangga melihat begitu banyak kecerdasan, dedikasi, dan semangat yang tumbuh di semua kalangan.

“Keberhasilan lima Guru besar ini tidak hanya mencerminkan prestasi pribadi mereka tetapi juga prestasi Universitas Andalas secara keseluruhan,” ujarnya dikutip, Kamis (30/11/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan, Unand selalu berkomitmen untuk menjadi pusat keunggulan akademik dan berada di garda depan dalam kontribusi terhadap masyarakat dan bangsa.

“Pengukuhan ini bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi merupakan awal dari tahap baru dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Universitas Andalas,” sambungnya.

Senada dengan itu, Ketua DP Universitas Andalas Prof. Marlina menuturkan pengukuhan ini memberikan makna bahwa Guru Besar yang dikukuhkan sudah berkecimpung dibidangnya masing-masing bertahun-tahun lamanya.

Diharapkan kelima gubes akan terus memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dalam arti luas dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat guna meningkatkan kiprahnya dalam pembangunan serta untuk kepentingan kemanusiaan, kelangsungan seluruh kehidupan di muka bumi serta keserasian alam semesta.

Baca Juga: Resmi, Majelis Wali Amanat Lantik Efa Yonnedi Sebagai Rektor Universitas Andalas Periode 2023-2028

Sebelumya, jumlah guru besar Unand saat ini adalah 178 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 133 guru besar tetap dan 45 guru besar tidak tetap. Jumlah guru besar Unand terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News