Unand Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri, Berikut Jadwal dan Pelaksanaan Seleksi

Penulis: Redaksi
|
Editor: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pendaftaran seleksi mandiri ini akan dibuka dari tanggal 7 hingga 18 Juni 2021

Padang, Padangkita.com – Bagi yang belum berhasil lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), jangan menyerah dulu. Masih ada kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Mandiri.

Salah satu PTN favorit di Sumatra, Universitas Andalas (Unand) akan menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri untuk tahun Akademik 2021/2022.

Bagi yang ingin kuliah di kampus yang disebut-sebut termegah se-Asia Tenggara, tidak ada salahnya mulai sekarang mempersiapkan diri. Sebab, pendaftaran seleksi mandiri ini akan dibuka dari tanggal 7 hingga 18 Juni 2021.

Seleksi Mandiri Unand terbagi atas 5 jalur, berikut jadwal dan pelaksanaannya:

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pendaftaran seleksi mandiri ini akan dibuka dari tanggal 7 hingga 18 Juni 2021

5 Pilihan Jalur Seleksi Mandiri

1. Seleksi Mandiri Berdasarkan Kemampuan Akademik (SMBKA)

Seleksi ini merupakan penjaringan terhadap calon peserta yang memiliki kemampuan akademik baik dengan menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021.

2. Seleksi Mandiri Berdasarkan Prestasi Unggul (SMBPU)

SMBPU merupakan penjaringan terhadap calon peserta melalui penelusuran prestasi dalam bidang bakat, minat (minimal juara 3 tingkat provinsi) atau penalaran dalam bidang agama seperti hafiz Quran minimal 10 juz.

Penerimaan mahasiswa baru melalui SMBPU tetap memperhatikan kemampuan akademik berupa nilai UTBK atau nilai rapor untuk menjalani pendidikan pada program studi terkait.

3. Seleksi Mandiri Berdasarkan Kerjasama (SMBK)

SMBK yakni penjaringan terhadap calon peserta yang memiliki kemampuan akademik tinggi (nilai UTBK atau nilai rapor) berlatar belakang ekonomi kurang mampu.

Atau berasal dari daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), yang pembiayaannya disponsori oleh Pemerintah Kabupaten atau Kota atau instansi non pemerintah.

4. Seleksi Mandiri Berdasarkan Kebutuhan Khusus atau Penyandang Disabilitas (SMPD)

SMPD merupakan penjaringan terhadap calon peserta yang memiliki keterbatasan fisik, kelainan, kerusakan pada fungsi gerak yang diakibatkan oleh kecelakaan atau pembawaan sejak lahir dengan kemampuan akademik baik (nilai UTBK atau nilai rapor).

5. Seleksi Mandiri Bagi Calon Mahasiswa Internasional (SMMI)

SMMI yakni penjaringan terhadap calon peserta yang berkewarganegaraan selain Warga Negara Indonesia melalui jalur kerja sama dengan kedutaan negara asing atau mendaftar secara mandiri.

Jadwal pelaksanaan

1. Jadwal pendaftaran: 7 hingga 18 Juni 2021.

2. Verifikasi dokumen: 21 hingga 30 Juni 2021.

3. Pengumuman kelulusan: 9 Juli 2021.

4. Registrasi mahasiswa baru dan pembayaran UKT: 12 hingga 23 Juli 2021.

Baca juga: Agar Gratis Uang Pengembangan Institusi Bagi Calon Mahasiswa Baru Unand, Cek Caranya di Sini

Informasi lengkap tentang persyaratan dan mekanisme pendaftaran dapat dilihat di laman pmb.unand.ac.id. [*/den]

Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

 

 

Terpopuler