Kisah Ustaz di Kamang Magek Agam Meninggal Dunia Saat Khutbah Idulfitri

Penulis: Redaksi

Berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini: Seorang ustaz meninggal dunia saat menyampaikan khutbah hari raya Idulfitri di Agam

Lubuk Basung, Padangkita.com – Seorang ustaz meninggal dunia saat menyampaikan khutbah hari raya Idulfitri di Masjid Istiqomah, Nagari Magek, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Kamis (13/5/2021).

Wali Jorong Kampuang Bawah, Jonhar mengatakan ustaz tersebut bernama Marnias Bahrum umur 75 tahun. Dia meninggal dunia sekitar pukul 08.30 WIB di atas mimbar masjid.

“Beliau saat itu masih berkhutbah, sedang berdoa, tiba-tiba badannya rebah lalu tersandar di kursi yang berada di atas mimbar. Ceramah pun terhenti,” ujar Jonhar saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Jumat (14/5/2021).

Mendapati hal tersebut, jemaah pun terkejut. Sejumlah orang pun sempat membawa Marnias ke puskesmas setempat. Namun, ustaz tersebut telah diketahui meninggal dunia.

Duka pun menyelimuti jemaah Masjid Istiqomah. Ratusan jemaah yang hadir turut menjadi saksi kepergian ustaz itu saat menyampaikan ceramah di atas mimbar.

Padahal, kata Jonhar yang saat itu berada di lokasi, Marnias dalam kondisi baik dan tampak sehat. Dia menyampaikan ceramah dengan suara kuat. Khutbahnya membahas tentang amalan hidup di dunia dan tanda-tanda hari kiamat.

Sebelumnya, Marnias tiba di masjid pada pagi itu sekitar pukul 07.30 WIB. Dia datang dengan dijemput oleh pengurus masjid ke rumahnya di Kecamatan Tilatang Kamang, Agam.

Tiba di masjid, yang bersangkutan juga sempat bercanda dengan pengurus masjid sebelum salat Idulfitri digelar. “Saya tidak tahu beliau punya riwayat penyakit atau tidak. Meski demikian, pagi itu, beliau tampak sehat. Beliau sempat bagarah-garah,” jelas Jonhar.

Marnias dimakamkan pada hari itu sekitar pukul 13.30 WIB di pemakaman milik keluarga sang isteri di Agam. “Ramai juga orang yang mengantarkan jenazah beliau,” ungkapnya.

Menurut Jonhar, almarhum semasa hidupnya dikenal sebagai sosok yang baik, santun, dan bersahaja. Beliau juga membantu pondok tahfiz Alquran di Agam.

Baca Juga: 17 Narapidana Rutan Kelas IIB Maninjau, Agam Dapat Remisi Lebaran 2021

“Semoga kematian beliau husnul khatimah,” harapnya. Yang jelas, kata dia, kematian Marnias saat menyampaikan khutbah Idulfitri pun menjadi pembicaraan di masyarakat kampung pada hari raya itu. [abe]


Baca berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler