Unand Bakal Buka 11 Prodi S-1 dan S-2 di Payakumbuh, Wali Kota Siap Carikan Anggaran

Penulis: Irfan Denas

Payakumbuh, Padangkita.com – Universitas Andalas (Unand) akan membuka sejumlah program studi (prodi) baru untuk program S-1 dan S-2 di Kampus II Unand, Kota Payakumbuh.

Wakil Rektor I Unand, Mansyurdin mengatakan, pihaknya saat ini sedang dalam penjajakan dengan Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh terkait pengembangan kampus tersebut.

“Nanti akan ada perjanjian kerja sama antara Pemko Payakumbuh dengan Unand,” katanya saat mendampingi Tim Koordinasi Pembukaan Program S1 dan S2 pada tahun 2022 Unand di Balai Kota Payakumbuh, Jumat (21/1/2022).

Mansyurdin mengatakan, ada 11 Prodi S-1 dan S-2 yang siap dibuka. Prodi tersebut yakni Peternakan, Ekonomi, Hukum, Kedokteran Hewan, Farmasi, Keperawatan, Teknologi Informasi, dan Kesehatan Masyarakat.

“(Tergantung) hasil pemetaan kebutuhan dan data di lapangan. Prodi yang dibuka ini sesuai dengan kebutuhan Payakumbuh dan Limapuluh Kota,” imbuhnya.

 Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi menyambut baik rencana pengembangan Kampus Unand di daeranya. Hal itu, kata dia, sejalan dengan keinginan pihaknya untuk mewujudkan pusat keunggulan atau center of excellence.

“Selain memperbagus kualitas pendidikan di Kota Payakumbuh, masyarakat yang perekonomiannya lemah pun tak perlu khawatir lagi menguliahkan anak mereka jauh-jauh ke luar kota,” kata Riza.

Riza pun menegaskan, Pemko Payakumbuh siap mencarikan anggaran ke pemerintah pusat.

Baca juga: Unand Kembali Tempati Peringkat 8 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

“Kita tidak boleh berpangku tangan, jangan sampai untuk kepentingan bersama ini kita berleha-leha, semoga niat ini dilancarkan oleh Allah SWT,” kata Riza. [den/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist