Tol di Pulau Jawa Ini Pemegang 3 Rekor Sekaligus di Indonesia, Apa Saja?

Penulis: Isran Bastian

Bandung, Padangkita.com – Meski belum rampung dibangun, Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) yang berada di wilayah Jawa Barat (Barat) disebut bakal memegang banyak rekor sekaligus di Indonesia.

Secara penuh, diperkirakan tol ini baru beroperasi pada Agustus 2022 mendatang. Kira-kira rekor apa saja yang dipegang jalan tol sepanjang 60,3 Km ini, berikut rangkuman tim Padangkita.com:

1.  Tol pertama yang memiliki terowongan terpanjang dan kembar

Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) dalam keterangannya mengungkapkan, terowongan kembar yang ada di tol ini memiliki panjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Karena terletak di pegunungan dan kontur yang berkelok tol ini diklaim sebagai tol terindah di Indonesia.

Letak terowongan ini berada di Tol Cisumdawu yang berada di wilayah Jawa Barat (Jabar). Tepatnya berada di seksi II ruas Rancakalong – Sumedang, yakni di Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

2. Salah satu Jalan Tol terpanjang di Indonesia

Tol Cisumdawu memiliki total panjang jalan 62,6 Km termasuk dalam jajaran jalan tol terpanjang di Indonesia. Untuk diketahui tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung atau yang dikenal dengan Terpeka (189 km) merupakan tol terpanjang yang saat ini dimiliki Indonesia.

Hingga saat ini jalan bebas hambatan ini masih terus dikerjakan. Ruas tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi pembangunan. Untuk Seksi 1 dari Cileunyi – Rancakalong (11 km) sudah beroperasi dari awal 2022 lalu, Sementara seksi 2 dari Rancakalong – Sumedang (17 km).

Selanjutnya Seksi 3 Sumedang – Cimalaka (4 km), seksi 4 Cimalaka – Legok (8,2 km), Seksi 5 Legok – Ujung Jaya (14,9 km) masih menunggu penyelesaian konstruksi.

Sementara untuk seksi 6 Ujung Jaya – Dawuan dan Junction Dawuan (6,07km) diprediksi dalam waktu dekat akan beroperasi. Karena progress konstruksi sudah mencapai 99%.

3. Salah satu Tol Terindah di Indonesia

Tol Cisumdawu jika dilihat secara kontur dan secara visual, juga merupakan salah satu tol yang terindah di Indonesia, karena letaknya di sekitar wilayah pegunungan. Selain itu tol ini juga memiliki terowongan kembar yang tentunya menambah daya tarik pengendara. Untuk jajaran jalan tol terindah di Indonesia saat ini diantaranya Tol Bawen-Salatiga yang mempunyai pemandangan super cantik.

Baca Juga: Mau Mudik, Cek Dulu Daftar Tarif Tol Trans Jawa Terbaru Tahun 2022

Ditargetkan penyelesaian Tol Cisumdawu yang dari 6 Seksi ini dapat diselesaikan sesuai target yakni pada akhir tahun 2021. Nantinya, keberadaan untuk Cisumdawu ini dapat memberikan aksesibilitas yang optimal bagi provinsi Jawa barat terutama di wilayah Sumedang. Di atas. ruas ini diharapkan juga ditambahkan berupa tumbuh-tumbuhan yang memperindah lansekap tiap tol Cisumdawu. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist