Tinjau Pasar Pabukoan, BBPOM dan Pemko Pariaman Masih Temukan Penggunaan Kertas Koran untuk Alas Dagangan

Penulis: Ramono Aryo

Berita Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini: BBPOM Padang dan Pemko Pariaman meninjau Pasar Pabukoan di wilayah tersebut

Pariaman, Padangkita.com – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang dan Pemerintah (Pemko) Pariaman meninjau Pasar Pabukoan di wilayah tersebut. Pasar Pabukoan Kota Pariaman berada di dua lokasi, yakni Pelataran Parkir Pasar Pariaman dan Pelataran Balai Kuraitaji.

BBPOM pun membawa mobil uji klinik makanan untuk menguji kandungan yang terdapat pada makanan dan minuman yang dijual oleh pedagang di pasar pabukoan tersebut.

Kepala BBPOM Sumbar, Firdaus Umar mengimbau pedagang untuk tidak menggunakan bahan kimia berbahaya pada makanan atau minuman yang mereka jual. Ia menyebutkan ada empat bahan kimia berbahaya yang kerap digunakan pada makanan yaitu formalin, boraks, rhodamin b, dan methanil yellow.

“Zat kimia berbahaya tersebut jika dikonsumsi dalam banyak dan atau jangka panjang akan berdampak pada kesehatan tubuh,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/4/2021).

Dari hasil pemeriksaan atau uji labor pihaknya tidak menemukan kandungan zat kimia berbahaya di dalam takjil yang dijual di pasar pabukoan tersebut. Namun masih menemukan pedagang yang menggunakan kertas koran untuk alas gorengan.

“Kami menemukan penggunaan kertas koran untuk alas gorengan dan pedagangnya sudah kami bina,” terang Firdaus.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar juga mengimbau para pedagang untuk selalu menjaga kebersihan makanan, kebersihan tempat dagangan dan tidak menggunakan zat yang membahayakan konsumen nantinya.

“Dan yang tak kalah penting, para pedagang dan pembeli tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker,” kata Wali Kota.

Baca Juga: Kunjungi Pantai Ma’ruf Amin Pariaman, Doni Monardo Dukung Program Vegetasi Untuk Mitigasi Bancana

Ia juga meminta pedagang yang menggunakan koran sebagai alas dagangan untuk diganti karena kertas koran tidak higienis dan tinta pada koran dapat membahayakan konsumen. [*/abe]


Baca berita Kota Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler