Kunjungi Pantai Ma’ruf Amin Pariaman, Doni Monardo Dukung Program Vegetasi Untuk Mitigasi Bancana

Penulis: Ramono Aryo

Berita Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini:  Doni Monardo meninjau lokasi penghijauan di kawasan Pantai Ma’ruf Amin Pariaman

Pariaman, Padangkita.com – Wali Kota Pariaman dan wakilnya mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau lokasi penghijauan yang dilakukan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada 6 April 2021 lalu, di kawasan Pantai Ma’ruf Amin, Rabu (14/4/2021) sore.

Doni Monardo sangat mendukung program penghijauan yang dilakukan oleh pemerintah kota Pariaman sebagai bentuk realisasi program vegetasi di pantai Kota Pariaman.

Menurutnya program vegetasi tersebut sebagai langkah mitigasi bencana tsunami dan mencegah terjadinya abrasi oleh air laut.

“Saya melihat kesungguhan Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, untuk melestarikan dan merawat tanaman yang ditanam, karena setelah ditanam oleh Bapak Wakil Presiden (Wapres) dan pejabat yang hadir, semua tanaman tersebut tumbuh dengan baik, dan kami mengapresiasi atas usaha dari pak wali dan Pemko Pariaman untuk mewujudkan hal tersebut,” ujar Doni Monardo.

Doni juga mengatakan, bahwa pohon yang ditanam di kawasan Ma’ruf Amin ini menunjukkan perkembangan yang baik dan berpotensi untuk tumbuh.

“Saya lihat, setelah satu minggu lebih pohon ini ditanam, daunnya masih ada, maka hal ini menunjukkan pohon tersebut berpeluang untuk hidup lebih dari 80 sampai 90 persen,” ungkapnya.

Selain itu, Doni Monardo juga menuturkan bahwa Sumatra Barat, mempunyai potensi yang tinggi untuk terjadinya bencana. Untuk itu ia berharap kawasan sepanjang pantai Sumatra dapat mengantisipasi dengan program vegetasi tanaman tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyambut baik kunjungan orang nomor satu di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di kawasan pantai Ma’ruf Amin, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan ini.

Genius juga menyadari bahwa daerahnya berpotensi besar diterjang bencana gempa dan tsunami sehingga vegetasi menjadi pilihan sebagai mitigasi.

“Dengan kita menanam pohon di sepanjang pantai pariaman, dampaknya nanti bisa dapat mengurangi dampak tsunami, sehingga hal ini sangat diperlukan,” katanya.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Diusulkan Wako Genius Umar Jadi Nama Pantai di Pariaman

“Kami akan terus menanam pohon di sepanjang kawasan pantai Kota Pariaman dan mengutamakan penggunaan pohon pinago dan ketapang, yang merupakan tumbuhan endemik yang ada di daerah Kota Pariaman,” tambahnya. [*/abe]


Baca berita Kota Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler