Tiga Kepala Daerah Sepakat Wujudkan Kembali Kawasan Metropolitan Palapa

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Walikota Pariaman, Genius Umar mengaskan Pemko Pariaman bakal mewujudkan kembali Kawasan Metropolitan Palapa (KMP).

Hal ini disampaikan ketika menghadiri Pelantikan Pengurus DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman) Kota Padang, masa bakti 2021-2026 di Pangeran Beach Hotel, Kota Padang.

Genius menuturkan, dari beberapa kali pertemuan dan pembicaraan dengan Bupati Padang Pariaman dan Walikota Padang, kalau mereka sepakat untuk kembali melanjutkan gagasan kota Metropolitan Palapa.

“Kami sering berdiskusi dengan pak Suhatri Bur, dan Hendri Septa, untuk kembali melanjutkan kawasan Metropolitan, yang pernah digagas oleh Pak Anas Malik, mantan Bupati Padang Pariaman kala itu, yaitu kawasan Metropolitan Palapa (Pariaman Lubuk Alung Padang),” tukasnya saat acara tersebut, Minggu (13/3/2022).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Genius menambahkan, tentu perlu dilakukan pemetaan kawasan, dan percepatan penataan konsep Palapa ini, baik untuk Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang.

“Dengan adanya kawasan Palapa ini nantinya, sinergitas antar daerah dan kesatuan konsep kawasan Metropolitan di Sumatera Barat ini, akan memberikan effect yang besar terhadap kemajuan daerah, khususnya Sumatera Barat,” ungkapnya.

Senada dengan Walikota Pariaman, Walikota Padang, Hendri Septa, mengatakan dalam waktu dekat akan segera merancang dokumen perencanaan dan MoU yang diperlukan, sehingga kawasan Metropolitan Palapa ini, akan benar-benar menjadi kawasan yang maju dengan melibatkan antar daerah.

Baca Juga: Wako Pariaman Tenggat  Revitalisasi Lapangan Merdeka Rampung Jelang Lebaran

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur juga menyambut baik kawasan Metropolitan Palapa ini, karena dengan begitu, cita-cita Pak Anas Malik dapat diteruskan oleh Pemimpin saat ini, dan nantinya, kawasan ini akan menjadi role model, sinergitas antar daerah dalam memajukan Sumatera Barat yang lebih maju lagi. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist