Tak Ada Larangan Pemutaran Film G30S/PKI, Mahfud MD: Asal Tak Timbulkan Kerumunan

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan pemerintah tidak melarang masyarakat untuk melakukan pemutaran film G30S/PKI.

Ia memastikan masyarakat boleh menonton film pengkhianatan PKI terhadap bangsa Indonesia itu.

Baca Juga

“Ya, jadi banyak yang bertanya apakah pemutaran film, pengkhianatan G30S/PKI itu dibolehkan atau tidak, saya sudah mengatakan pemutaran film itu boleh tidak ada yang melarang, tapi juga tidak mewajibkan,” ujarnya, dilansir dari Suara.com, jaringan Padangkita.com, Rabu (30/9/2020).

Meski demikian, kata Mahfud, pemerintah melarang jika pemutaran film itu menimbulkan kerumunan dan melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Ya, jadi banyak yang bertanya apakah pemutaran film, pengkhianatan G30S/PKI itu dibolehkan atau tidak, saya sudah mengatakan pemutaran film itu boleh tidak ada yang melarang, tapi juga tidak mewajibkan,” kata Mahfud.

Baca juga: Publik Pertanyakan Keberadaan Menkes, Istana: Maklumi Saja, Beliau Sibuk

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menambahkan Menteri Penerangan Muhammad Yunus Yosfiah pada era pemerintahan Presiden BJ Habibie pernah menyebut penghentian penayangan film tersebut menjadi sebuah keharusan.

Namun saat ini, kata dia, masyarakat tetap bisa saja menonton film tersebut atas kehendak dirinya sendiri.

“Tetapi kalau itu sebagai pilihan sukarela memang mau ditayangkan atas kesadaran dan kehendak sendiri, maka itu dibolehkan,” kata Mahfud. [*/try]


Berita ini sebelumnya dimuat Suara.com jaringan Padangkita.com dengan judul: Mahfud MD Sebut Pemerintah Tak Larang Warga Tonton Film G30S PKI, Asal…

Terpopuler

Add New Playlist