Stop Membuang Kulit Bawang Merah, karena Banyak Manfaatnya

Info kesehatan terbaru : Berbagai manfat kulit bawang merah yang sering tak dianggap.

Padangkita.com – Ungkapan yang sering terlontar mengatakan jika sesuatu hal yang diciptakan selalu punya manfaatnya ternyata benar adanya. Salah satunya hal ini dibuktikan dengan bawang merah yang sangat penting dalam bumbu dapur.

Ternyata tanaman yang satu ini selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, dapat digunakan untuk hal lainnya. Coba Taruh Irisan Bawang Merah pada Beberapa Sudut Ruangan di dalam Rumah, karena dapat membuat udara segar karena debu.

Selain itu, kulit bawang merah yang sering dibuang ini punya berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Hal itu dilakukan karena banyak orang beranggapan bahwa kulit bawang merah tidak berguna dan memiliki manfaat. Padahal, membuang kulit bawang merah bisa dibilang merupakan keputusan yang salah.

Telah banyak penelitian yang menemukan jika kulit bawang merah ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi melebihi bawang itu sendiri. Tak hanya itu, kulit ini juga mengandung serat makanan dan flavanoid yang juga bagus untuk kesehatan kulit.

kulit bawang merah ini memiliki sifat penenang yang kuat hingga sangat ampuh untuk mengobati penyakit insomnia. Tekstur kulit bawang merah dalam pigmen quercetin dapat berfungsi mencegah penyumbatan arteri dan mengurangi hipertensi. Kandungan kulit bawang merah ini punya kualitas antibakteri, antioksidan dan antijamur yang kuat.

Hal yang lebih mengejutkan bahwa Flavanoid dan antioksidannya saja mampu menghancurkan penyebab utama kanker dan juga radikal bebas.

Baca juga: Beberapa Manfaat Ajaib Dari Puteri Malu

Hal ini dikarenakan serat yang tidak larut ini mampu menghilangkan racun yang terkumpul dari usus lewat gerak peristaltik. Kemudian dapat mengarut pH dan mencegah pembentukan sel kanker.

Agar mendapatkan khasiat kulit bawang merah ini bisa dengan dicampurkan ke dalam rebusan sup. Atau cara mudah lainnya dijadikan sebagai teh kulit bawang merah.

Simpan kulit bawang merah dalam botol kaca, setelah itu tuangkan air mendidih, tutup dan biarkan selama lima menit. [*/Nlm]


Baca info kesehatan terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler