Beberapa Manfaat Ajaib Dari Puteri Malu

Berita kesehatan terbaru:  Daun yang memiliki sensitifitas tinggi ini banyak ditemui di pinggir jalan. Tidak seperti semak belukar biasa, puteri malu ini memiliki banyak manfaat.

Padangkita.com – puteri malu yang tergolong dalam tanaman polong-polongan ini cukup terkenal. Hal ini karena daunnya yang mudah menutup bila mengenai suatu benda, dan terkesan sensitif alias ‘malu’.

Karena hal itulah nama puteri malu melekat erat pada tumbuhan yang satu ini. Dilansir dari berbagai sumber, daun puteri malu ini biasanya tumbuh liar di semak belukar di pinggir jalan atau di tanah lapang.

Baca juga: Bisa Sebabkan Kematian, Jangan Panaskan Ulang 6 Makanan Ini

Sebagian orang mungkin berpandangan bahwa puteri malu ini hanyalah semak belukar, namun jangan salah karena ternyata ia mempunyai banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat putri malu untuk kesehatan.

1. Menyembuhkan Luka akibat Diabetes

Mengobati Penderita Diabetes
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Hasil penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur menyebutkan jika tumbuhan ini bisa menyembuhkan luka pada penderita diabetes.

Terdapat kandungan ekstrak kloroform pada akarnya yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka akibat penyakit gula berlebih.

Terpopuler