Setiap Tahun, Ribuan Pasangan Usia Muda Menikah Di Kota Padang

Penulis: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Ribuan pasangan usia muda menikah di Kota Padang setiap tahunnya

Padang, Padangkita.com– Jumlah pasangan usia muda yang menikah dini di Kota Padang terbilang cukup tinggi. Setiap tahun, ribuan pasangan muda mengucap ijab kabul di depan penghulu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hamid mengatakan, setiap tahun selalu terjadi kasus pernikahan anak usia muda di Padang.

Dia menyampaikan, sebanyak 6.000 pasangan usia muda naik pelaminan setiap tahunnya.

“Kami mengimbau kepada pasangan usia muda untuk menunda dulu kehamilannya, agar tidak terjadi keguguran dan masalah reproduksi,” katanya, Minggu (11/4/2021).

Feri Mulyani menjelaskan, pasangan muda yakni pasangan suami istri yang berusia di bawah 20 tahun. Pada usia itu, sangat rentan terjadi keguguran karena sistim reproduksi belum siap untuk membuahi.

“Usia di bawah 20 tahun, sistem reproduksi wanita belum siap untuk hamil,” tutur Feri Mulyani.

Menurutnya, pernikahan usia muda terjadi karena faktor ekonomi, kurangnya pemahaman dan pendidikan seks yang terlalu dini.

Untuk itu, dia mengimbau bagi pasangan mudah yang sudah terlanjur menikah usia dini agar menunda kehamilan untuk sementara waktu.

“Kami mengimbau agar menunda dulu kehamilannya, untuk menghindari berbagai resiko bagi ibu dan bayi,” ujarnya.

Baca juga: Aturan Selama Ramadan, Rumah Makan di Padang Buka Pukul Empat Sore

Kata Feri, usia 25 tahun hingga 35 tahun merupakan masa yang tepat untuk menerima kehamilan. Sebab menurut Feri Mulyani, di usia 25 tahun adalah saat yang siap menerima kehamilan secara fisik dan psikologis. [*/rna]

Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

 

Terpopuler