Setiap Rabu ASN Padang Bersepeda ke Kantor, Berikut Tipsnya Agar Nyaman Mengikuti Program Ini

Padang, Padangkita.com – Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah meluncurkan gerakan bersepeda ke kantor bagi aparatur sipil negara (ASN) yang dinas di Pemko Padang, Rabu (12/2/2020) pagi.

Pada acara peluncuran ini, para ASN bersepeda dari Jalan A Yani menuju Kantor Balai Kota Padang yang berada di By Pass. Ke depan, setiap hari Rabu diharapkan bersepeda ke kantor.

Mahyeldi mengimbau, seluruh ASN Pemko Padang setiap hari Rabu bersepeda ke kantor, baik yang berada di tingakat kecamatan maupun ditingkat kelurahan.

Menurut Mahyeldi, bersepeda ke kantor salah satunya dapat mengurangi polusi udara, udara akan terjaga kebersihannya. Di sisi lain, stamina ASN akan terjaga. “Selain olahraga, kita juga harus banyak makan buah,” ujar Mahyeldi.

Turut hadir Sekda Kota Padang Amasrul, Asisten I Edi Hasymi, Asisten II Hermen Peri dan Asisten III Didi Aryadi serta seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Sekadar diketahui, bersepeda ke kantor (bike to work) adalah sebuah gerakan untuk memakai sepeda ke tempat kerja, yang dilatarbelakangi oleh pemborosan energi, kemacetan, polusi udara akibat pemakaian kendaraan bermotor ke tempat kerja, dan kurangnya waktu olahraga bagi para pekerja.

Nah, bagi para ASN Kota Padang yang ingin mengikuti program bersepeda ke kantor, berikut tips yang dihimpun dari situs sepeda.me :

Latihan

Sebelum memulai bersepeda ke kantor, hitung kira-kira jarak tempuh, dan mulai latihan agar terbiasa dengan jarak tersebut. Sehingga nantinya perkiraan waktu tidak meleset karena kecapaian di jalan.

Pilih dan rencanakan rute

Sebaiknya kita mempunyai beberapa alternative rute jika memungkinkan, untuk menghindari jalan tertutup dan tidak bisa dilintasi, mungkin karena banjir atau pengalihan rute dan lainnya.

Siapakan peralatan tempur

Tentu saja kita harus menyiapkan kebutuhan agar perjalanan bisa aman dan nyaman. Aksesoris keselamatan sepeda wajib ada, P3K jika diperlukan, pakaian sepeda dan pakaian ganti, botol minum, rak sepeda jika membawa banyak barang bawaan, dan keperluan lainnya. Sehingga kita bisa memperkirakan atau menyingkirkan barang yang tidak perlu agar mengurangi berat bawaan.

Coba pada weekend atau hari libur

Jangan langsung bersepeda ke kantor, coba dulu pada hari libur atau weekend. Tujuannya adalah agar terbiasa dengan rute, mengukur kemampuan fisik dengan beban bawaaan, dan untuk mengetahui kondisi jalan dan fasilitas pada rute, seperti: Rumah Sakit, kantor polisi, bengkel sepeda, toko grosir, dan lainnya.

Cari teman

Bersepeda ke kantor akan lebih aman dan menyenangkan jika bersama-sama. Tidak harus rekan satu kantor, tetapi bisa teman atau kelompok yang mempunyai rute yang sama. (pk-04)


Baca berita Padang terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler