Sepuluh Minuman Ini Bisa Dikonsumsi untuk Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Penulis: Putri

Berita kesehatan terbaru: Berikut sepuluh minuman yang dapat dikonsumsi dengan rutin untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung.

Padangkita.com – Jantung merupakan salah satu organ penting bagi manusia. Tak jarang banyak orang yang berusaha selalu menjaga pola hidup sehat agar terus dapat menjaga kesehatan jantung dan tubuhnya.

Dari hasil penelitian menunjukan, sepertiga dari kematian di dunia disebabkan karena penyakit jantung. Karena hal itu, sangat penting bagi manusia untuk terus menjaga kesehatan jantung. Makanan dan minuman memainkan peran penting dalam kesehatan jantung.

Konsumsi makanan sehat dan menghindari makanan berlemak, tinggi gula, dan sodium menjadi awal baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tak hanya makanan, minuman juga memiliki andil penting bagi jantung. Beberapa minuman bahka bisa mendukung kesehatan jantung.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Daun Dewa

Dilansir Medical News Today, beberapa minuman ini dapat dikonsumsi secara rutin untuk mendukung kesehatan jantung. Hal tersebut lantaran beberapa minuman ini dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Air Putih

Dalam sehari jantung memompa sekitar 2.000 galon darah. Dengan tetap terhidrasi air putih yang cukup dapat membantu jantung melakukan tugasnya dengan baik.

Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih tebal sehingga tekanan darah menjadi tinggi.

Air Jahe

Air jahe dapat mendukung penurunan kolesterol jahat. Tak hanya itu, kadar trigliserida darah dapat turun secara signifikan karena jahe mengandung gingerol, zat dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa jahe dapat  menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan berbagai faktor resiko penyakit jantung pada pasien dengan diabetes tipe 2. Meski begitu, saat mengonsumsi air jahe sangat dianjurkan bersamaan dengan obat pengencer darah.

Matcha dan Teh Hijau

Matcha adalah jenis teh hijau yang mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) tingkat tinggi. EGCG adalah senyawa polifenol dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Mengonsumsi teh matcha yang kaya EGCG dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Teh hijau juga penuh kaya katekin, yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi kesehatan jantung.

Jus Tomat

Likopen terdapat pada tomat, pigmen itu tumbuhan alami dengan sifat antioksidan kuat. Kadar likopen rendah dalam darah dikaitkan dengan peningkatan resiko serangan jantung dan stroke.

Antioksidan sangat penting untuk mencegah kerusakan oksidatif dan membantu mencegah penyakit jantung. Tomat juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Teh Daun Kelor

Tanaman ini dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Tak hanya itu, vitamin C dan beta-karoten pada daun kelor memiliki kandungan Quercetin yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Serbuk daun kelor memiliki manfaat untuk membuat jantung tetap sehat. Tanaman ini dapat mengontrol lipid darah, pencegahan pembentukan plak di arteri, dan penurunan kadar kolesterol.

Kakao

Bahan pembuatan cokelat murni ini umumnya kurang diproses. Namun sebenarnya kakao mengandung lebih banyak nutrisi. Kakao memiliki kandungan mineral dan antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kakao sangat kaya akan antioksidan flavonoid, yang dikenal karena manfaat kardiovaskularnya. Olahan kakao juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Air Lemon

Flavonoid  merupakan zat bermanfaat yang terkandung dalam air lemon. Senyawa tersebut biasanya terdapat pada buah-buahan jeruk terutama lemon yang sering dikaitkan dengan manfaat untuk sirkulasi darah.

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Vitamin C dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, serta menurunkan tekanan darah.

Susu Kedelai

Kedelai mengandung protein yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Jika dikonsumsi pada jangka panjang dapat menurunkan kemungkinan penyakit jantung.

Asupan isoflavon yang lebih tinggi dikaitkan dengan pengurangan moderat dalam risiko penyakit jantung. Kedelai juga dapat membantu melawan peradangan yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Teh Kembang Sepatu

Tanaman ini kaya antioksidan yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Bahan untuk pembuatan teh kembang sepatu sendiri adalah bunga kembang sepatu. Bagian tanaman tersebut memiliki sumber antioksidan polifenol yang kuat, dan ekstrak kembang sepatu telah terbukti memiliki sifat penurun tekanan darah dan kolesterol.

Kopi

Meski dapat menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah, kopi jika dikonsumsi dalam porsi yang benar bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kopi telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan jantung yang mengesankan.

Minum kopi sering dikaitkan dengan resiko gagal jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner yang lebih rendah. Lantaran hal itu, dalam mengonsumsi kopi tidak boleh lebih dari tiga cangkir sehari. [*/Prt]


Baca berita Kesehatan terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist