Ini 4 Manfaat Daun Dewa

Info kesehatan terbaru: Daun dewa atau yang dijuluki daun penyambung nyawa miliki berbagai khasiat menakjubkan.

Padangkita.com – Negara Indonesia begitu terkenal kaya akan berbagai sumber daya alam, flora dan juga fauna. Berbagai tanaman serta hewan tersebut memang hanya ada di wilayah Indonesia sehingga kerap disebut asli Indonesia. Namun ada juga yang mulanya berasal dari luar dan dibawa oleh pedagang hingga tumbuh subur di tanah air.

Seperti salah satunya tumbuhan daun dewa yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Tanaman ini memiliki nama latin Gynura Procumbens yang diyakini berasal dari Burma dan Tiongkok. Namun banyak juga yang meyakini jika tanaman ini asli Indonesia dan biasa ditemukan di pulau Sumatera hingga Bali.

Baca juga: Konsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan, Beberapa Hal ini Harus Diperhatikan

Ternyata tanaman yang biasa tumbuh liar ini mempunyai segudang manfaat. Ia dapat menjauhkan kita dari penyakit ganas. Daun dewa juga kerap dijadikan obat herbal atau bahan jamu tradisional.

Tanaman ini memiliki daun berbentuk helaian daun bentuk bulat telur oval. Namun pada tepi daun sedikit bergerigi dan ujung daunnya berbentuk runcing. Nah berikut ini merupakan manfaat dari daun dewa ini.

Mengobati darah tinggi/Hipertensi

Daun dewa ini bila diekstrak dapat menurunkan detak jantung serta efek ionotropik negatif pada atrium. Serta ia juga mampu menangkal penyakit kardiovaskular yang menyebabkan darah tinggi atau hipertensi.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Pharmacology, menyatakan jika daun dewa mampu memberikan tekanan darah sistolik dan tekanan arteri rata-rata. Disinyalir juga daun dewa ini mampu mencegah dan mengobati stroke.

Mengobati diabetes

Jika kalian mempunyai permasalahan dengan kadar gula berlebih atau yang dikenal dengan diabetes, daun dewa bisa menjadi solusinya. Karena dalam daun dewa ini memiliki kandungan yang dapat menginduksi efek hipoglikemik. Efek yang ditimbulkan ialah mampu menurunkan kadar gula darah.

Mengobati Ginjal

Daun dewa memiliki kandungan efek gastroprotektif dan perlindungan pada organ yang bersifat penyembuhan. Mulai dari antihipertensi, kardioprotektif, antihiperglikemik, antikanker, antibakteri, hingga antioksidan.

Asam lambung, infeksi hingga reaksi alergi yang menyebabkan peradangan juga bisa diobati menggunakan daun dewa ini. Daun mujarab ini mampu menghilangkan racun dalam tubuh dan mengatasi masalah pencernaan termasuk ginjal.

Mengobati kanker dan reproduksi

Daun dewa telah lama digunakan untuk menyembuhkan kanker rahim, kanker dan leukemia. Karena ia mengandung senyawa protein peroksidase yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Hebatnya lagi daun ini sangat baik untuk meningkatkan reproduksi, seperti meningkatkan kualitas sperma. [*/Nlm]


Baca info kesehatan lainnya hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist