Sempat Molor, Pemnag Duku Selatan Pessel Akhirnya Tuntas Salurkan BLT-DD Tahap I

Penulis: Isran Bastian

Painan, Padangkita.com – Pemerintah Nagari (Pemnag) Duku Selatan, Kecamatan Koto XI, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengklaim sukses menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) Tahap I, Tahun Anggaran 2022, Jumat (3/6/2022) kemarin.

Penyerahan BLT dilakukan di kantor Nagari dihadiri oleh perangkat nagari dan Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Bamus Nagari Duku Selatan.

Diketahui sebelumnya, sejumlah masyarakat sempat menyegel Kantor Walnag Duku Selatan untuk mendesak BLT segera dicairkan.

Wali Nagari Duku Selatan, Eridal  mengatakan, BLT-DD tahap pertama terhitung tiga bulan mulai Januari, Februari dan Maret tahun 2022, yang besarannya Rp300 ribu setiap bulannya.

“Kepada 134 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masing-masing KPM menerima BLT-DD sejumlah Rp300 ribu per KPM per bulan,” ujarnya.

Dalam penerimaan BLT tahun ini, ungkap Eridal, sudah melalui tahapan dan seleksi serta musyawarah Nagari sehingga diharapkan kedepannya tetap berjalan dengan aman dan tertib.

“Semoga masyarakat penerima dapat menggunakan bantuan ini dengan baik serta dapat meringankan beban akibat pandemi covid-19 ini,” ujarnya lagi.

Wali nagari Duku Eridal menyampaikan, dengan adanya kejadian pada hari kamis malam tanggal (2/6/2022)  pukul 23.30 wib sebenarnya penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) sebanyak 134 KPM telah dilaksanakan.

Eridal menambahkan, sesuai dengan koordinasi  pihak nagari dengan masyarakat, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap 1 bulan ke 3  sempat tertunda , tetap kita salurkan selesai lebaran.

Diakuinya, penyaluran dana BLT tahap I yang sempat tertunda, karena ada beberapa alasan dan sekarang sudah disalurkan. Namun, pada dasarnya penerima BLT sebanyak 134 KPM itu atas keterlambatan 1 Bulan itu tidak ada masalah, karena pemerintah Nagari sudah berkonsultasi dengan perwakilan Penerima BLT ketika penyaluran BLT DD bulan Januari dan Februari dan Maret.

“Kami Pemerintahan Nagari meminta maaf sebesar-besarnya kepada seluruh  masyarakat Nagari Duku Selatan atas keterlambatan penyaluran BLT-DD tahap I tersebut,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kantor Nagari Duku Selatan, dipalang oleh ratusan warganya sendiri, terkait penyaluran BLT-DD tak kunjung disaluran, Kamis (2/6/2022) malam.

Karena, mereka menilai anggaran BLT bersumber dari pusat dianggap tidak kunjung disalurkan.

Pantauan PadangKita.com warga tersebut sontak heboh dengan suara sorak sorai, mereka mempertanyakan soal BLT dari pusat tidak kunjung disalurkan dan akhirnya warga setempat mempalang kantor wali nagari tersebut pada pukul 23.30 WIB dan akhirnya dibuka pada 04.00 WIB. Subuh.

Kondisi itu terus berkecamuk, ratusan warga, menuntut kepada pemerintah nagari, untuk menyalurkan BLT yang sudah tepat waktunya.

Baca Juga: BLT Tak Kunjung Cair, Ratusan Warga Palang Kantor Wali Nagari Duku Selatan Pessel

Ratusan warga pun berkata wali nagari dan perangkat nagari tidak jujur dalam menyalurkan BLT. Padahal, sudah masuk bulan Juni dan seyogyanya sudah disalurkan pada Maret lalu. [amn/isr]

Terpopuler

Add New Playlist