Sejumlah Politisi Kritik Pernyataan Puan, Tegaskan Sumbar Sudah Dukung Pancasila Sejak Dulu

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani tentang harapannya agar Sumbar menjadi provinsi pendukung negara Pancasila memicu kritik dari sejumlah politisi di Indonesia.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan hanya kalangan yang tidak membaca dan memahami sejarah bangsa Indonesia yang masih meragukan masyarakat Sumatera Barat mendukung Pancasila.

Kemudian, anggota DPR asal Minang itu menyebutkan tiga tokoh nasional dari Minang yang ikut merumuskan Pancasila dan konstitusi.

“Hanya orang-orang yang tak membaca dan mengerti sejarah yang masih meragukan masyarakat Sumbar mendukung Pancasila. Ada 3 orang Minang hebat di belakang perumusan Pancasila dan UUD 1945: Mohammad Hatta, Muhammad Yamin n H Agus Salim. Bahkan Bung Hatta adalah salah seorang Proklamator,” kata Fadli Zon melalui akun Twitter @fadlizon.

Selain Fadli Zon, politikus Partai Demokrat Zara Zettira Zr. Zara yang menegaskan sejak dulu kala, Sumatera Barat mendukung Pancasila.

“Sejak dulu kala SUMBAR udah PANCASILA. Puan kemana aja? Pancasila ya bukan Eka sila, Tri sila, duet sila dan istilah-istilah baru lainnya,” kata Zara melalui akun Twitter @zarazettirazr.

Kemudian, Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Tengku Zulkarnain juga ikut tersinggung. Dia kemudian mempertanyakan maksud Puan.

Baca juga: Puan Berharap Sumbar Dukung Negara Pancasila, PKS: Masyarakat Sumbar Tersinggung

“Kami bertanya pada Puan: “sejak kapan Sumbar bukan pendukung Negara Pancasila?” kata Tengku melalui akun Twitter yang dikutip Suara.com.

Tengku juga mengingatkan Puan agar jangan mengait-ngaitkan nasionalisme warga Sumatera Barat jika nanti PDI Perjuangan ternyata kalah di provinsi itu.

“Kalau PDIP jeblok di sana bukan berarti Sumbar tidak mendukung Negara Pancasila. Paham?” kata Tengku.

Belajar dari polemik itu, pengasuh Pondok Penghafal Al Qur’an Yatim Dhuafa Baitul Qur’an Ustaz Hilmi Firdausi menekankan pentingnya literasi.

“Aneh saja jika masyarakat Sumbar dibilang tidak mendukung Pancasila. Memangnya Hatta dan Sjahrir berasal darimana? Salah satu perumus Pancasila Moh. Yamin juga putra asli Minang. Belum lagi H. Agus Salim, M. Natsir dan masih banyak lagi tokoh bangsa putra asli Minang. Inilah perlunya banyak membaca sebelum bicara,” kata Hilmi melalui akun Twitter @Hilmi28.

Sebelumnya, Juru Bicara PKS, Handi juga menyampaikan ketersinggungan atas ucapan Puan dirasakan oleh seluruh warga Sumbar, baik yang ada di tanah kelahirannya maupun yang kini tengah merantau.

“Mbak Puan menyatakan ‘semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila”. Pernyataan ini sangat menyakitkan hati kami sebagai orang Sumatera Barat,” kata Handi dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (3/8/2020). [*/try]


Berita ini sebelumnya dimuat Suara.com jaringan Padangkita.com dengan judul: Fadli Zon: Cuma yang Tak Tahu Sejarah yang Ragukan Sumbar Dukung Pancasila

Terpopuler

Add New Playlist