Sate Padang Gerobak ini Rasa Bintang Lima!! Harago Manenggang, Paruik Kanyang

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Wilayah Sumatra Barat (Sumbar) memang gudangnya surga kuliner legendaris. Kalau bicara kuliner Sumbar, siapa yang tak kenal rendang dan juga nama kuliner yang satu ini, yakni Sate Padang.

Kuliner yang akan kita bahas kali ini memang tidak asing lagi di telinga kabanyakan orang. Selain dijual di restoran-restoran, sate Padang kerap juga dijual oleh pedagang dengan gerobak.

Seperti yang direview kali ini dalam unggahan video terbaru YouTuber atau food vlogger kenamaan Sumbar yang satu ini, saat berkeliling di Kota Padang, Provinsi Sumbar.

“Ternyata ada yang jual sate Padang pake gerobak. Namanya Sate ADF. Tapi yang beli ramai lo,” beber Herlina mengawali, dilihat Padangkita.com, Jumat (18/11/2022).

Pembeli saat mengantre Sate ADF. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Karena banyak kerumunan pembeli, baik yang dibungkus ataupun makan di tempat, Herlina pun penasaran ingin mencoba bagaimana rasanya.

Kalau kita melihat sepintas,Sate ADF ini sama seperti sate Padang kebanyakan. Namun ternyata ada perbedaannya yang terletak pada jenis daging yang digunakan.

Ya Sate ADF menyajikan sate yang tidak menggunakan daging sapi, melainkan memakai bagian-bagian daging ayam, mulai dari usus, ceker dan hati ampela dan dagingnya.

“Kalau aromanya enak ya. Harum sekali,” puji Herlina.

Setelah berbincang-bincang, diketahui ternyata sate yang dijual adalah jenis sate Pariaman atau sate yang berasal dari daerah Pariaman, salah satu daerah di Sumbar. Diketahui, sate khas Pariaman ini terkenal dengan ciri atau cita rasa tersendiri, terutama rasanya yang sedikit pedas.

“Rasanya kuahnya itu. Gurih, pedas dan khas sate Pariaman. Enak rasanya,” beber Herlina memuji saat mencicipi sate tersebut.

Penampakan sate Padang khas Pariaman. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
“Wah ini benar-benar enak. Lamak rasanya,” tambahnya.

Sate ADF dijajakan dari jam 8 pagi hingga 12 siang di sepanjang Jalan Jhoni Anwar atau kerap mangkal di depan Asrama TNI AD, Lapai. Dalam sehari, Sate ADF menghabiskan setidaknya sebanyak 300 hingga 400 ketupat dan ratusan tusuk sate.

“Walaupun sate gerobakan, tapi enak ya. Harganya juga murah,” tutup Herlina.

Tak hanya Herlina, para pembeli lain juga merasakan kenikmatan Sate ADF ini. Pembeli yang memilih langsung makan di salah satu emperan mengungkapkan kalau rasa sate tersebut enak sekali dan harganya juga terjangkau.

Baca Juga: Mukbang Brutal di Rumah Makan Padang, Food Vlogger 16,5 Juta Subscribe Ini Sampaikan Pujian Setinggi Langit!

“Kalau rasa Alhamdulillah lah. Harago manenggang, paruik kanyang, (harga murah, perut kenyang)” celetuk seorang tukang ojek online kepada Herlina Basri. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist