Sah! Jumlah Nagari Bertambah lagi 47,  Kini Sumbar Punya 1.035 Nagari

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Jumlah desa atau nagari di Sumatra Barat (Sumbar) bertambah lagi 47 nagari. Sehingga totalnya, jumlah nagari/desa di Ranah Minang ini menjadi 1.035 nagari yang tersebar di 12 kabupaten dan 2 kota.

Kepastian bertambahnya jumlah nagari di Sumbar ini, ditandai dengan penyerahan kode wilayah administrasi pemerintahan desa/nagari oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Watipo kepada  Gubernur Sumbar yang diwaliki Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (26/9/2022).

“Alhamdulillah pada hari ini kami atas nama Gubernur menerima 47 kode wilayah administrasi pemerintahan nagari yang diserahkan langsung oleh Bapak Wakil Menteri Dalam Negeri,” kata Doni Rahmat Samulo.

Sebanyak 47 kode pemerintahan nagari merupakan pengusulan 3 kabupaten yaitu, 25 nagari dari Pemkab Pasaman, 10 nagari dari Pemkab Agam, dan 12 nagari dari Pemkab Pasaman Barat (Pasbar).

Kali ini, Sumbar menjadi provinsi penerima kode desa/nagari terbanyak. Total, Wamendagri Jhon Wempi Watipo menyerahkan 119 kode desa/nagari baru se-Indonesia.

Diketahui, selama tahun 2022, Provinsi Sumatra Barat telah menerima total 106 kode wilayah desa/nagari baru. Sebelumnya, pada tanggal 11 Agustus 2022 telah diserahkan juga sebanyak 59 kode nagari untuk Pemkab Pasaman Barat.

Baca juga: Kisah Asrizallis, Wali Nagari Cubadak yang Masuk MURI dengan Gelar Akademik Terbanyak

Dengan bertambahnya jumlah nagari di Sumbar diharapkan akan meningkatkan dan makin mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Selain itu, juga akan menyerap tenaga kerja baru dan mendatangkan anggaran baru dari pusat. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist