RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi Siapkan Gedung Ambun Suri untuk Pasien Covid-19, Bisa Tampung 100 Orang

Bukittinggi, Padangkita.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Mochtar, Kota Bukittinggi menyiapkan Gedung Ambun Suri yang terdiri atas empat lantai untuk tempat penanganan pasien Covid-19. Gedung tersebut punya 100 tempat tidur, dan rencananya dimulai pekan depan.

Gubernur Sumatra Barat (Sunbar), Irwan Prayitno, saat meninjau kesiapan Gedung Ambun RSUD Achmad Mochtar sebagai tempat isolasi pasien Covid-19, Minggu (18/10/2020), mengatakan hal tersebut untuk antisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Sumbar.

“Secara bertahap nantinya Gedung Ambun Suri akan menerima pasien Covid-19. Ada 100 tempat tidur yang akan dimanfaatkan. Apalagi ruang ICU sudah lengkap dan memenuhi standar dalam pelayanan Covid-19,” ungkapnya.

Dia meminta pihak rumah sakit memastikan pelayanan medis untuk pasien Covid-19 tidak terganggu.

“Karena saat ini kasus Covid-19 terus melonjak sampai di atas 100 orang (per harinya), bahkan ada yang sampai 500 lebih. Jadi, dalam keadaan darurat pandemi Covid-19 ini, kita akan manfaatkan semua fasilitas yang ada,” ucapnya.

Menurutnya, kalau 10 persen saja dari yang terkena positif harus dirawat, maka kalau 100 orang saja di Sumbar yang terkena Covid-19 tentunya ada 10 orang yang harus dirawat. Maka dipastikan akan terjadi penambahan tempat tidur. Dikhawatirkan, kondisi ini berakhir pasien Covid-19 tidak terlayani di rumah sakit.

“Nah, untuk tidak terjadi seperti itu, maka kita minta rumah sakit-rumah sakit pemerintah untuk menambah tempat tidur. Insya Allah RSUD Achmad Mochtar akan menambah 100 tempat tidur,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Direktur utama RSUD Achmad Mochtar, dr Khairul Said juga menyampaikan Gedung Ambun Suri sudah mempersiapkan sebanyak 100 tempat tidur.

“Kita sudah mempersiapkan 100 tempat tidur, yang terdiri dari 25 tempat tidur setiap lantainya. Semua ini dipersiapkan untuk melayani pasien Covid-19,” ujarnya.

Gedung Ambun Suri sendiri sebelumnya terdiri atas lantai 1 dan 2 yang dipergunakan untuk ruang rawat bedah sedangkan lantai 3 dan 4 untuk ruang rawat penyakit dalam. Namun sekarang keempat lantai tersebut akan digunakan untuk melayani pasien Covid-19

Selain RSUD Achmad Mochtar, Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Kota Padang juga menambah tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19, yaitu sebanyak 68 buah.

Baca Juga: Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi Kewalahan Terima Pasien Covid-19 Tiap Hari

Selain itu, Pemprov Sumbar juga menjadikan Asrama Haji Padang untuk tempat isolasi pasien Covid-19 yang berkapasitas 200-an orang. [pkt]

Terpopuler

Add New Playlist