Rekrutmen Calon Pelatih Provinsi Program PKB Guru PAI Tahap 2 Dibuka, Cek Syaratnya dan Ketentuannya 

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, kembali membuka Rekrutmen Calon Pelatih Provinsi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru PAI Tahap-2. Pendaftaran dan upload dokumen oleh calon peserta dijadwalkan tanggal 8 sampai 16 Maret 2022.

Direktur PAI, Amrullah mengatakan, Kemenag melakukan rekrutmen Calon Pelatih Provinsi PPKB GPAI tahap ke-2 dimaksudkan untuk optimalisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB GPAI) pada PAUD-TK dan Sekolah.

“Seleksi ini merupakan langkah untuk mendapatkan pelatih yang memiliki kompetensi dan penguasaan substansi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), serta teknis pembelajaran yang efektif,  interaktif, dan komunikatif,” kata Amrullah di Jakarta, awal pekan ini (9/3/2022).

Dikatakan Amrullah, tahun 2021, Direktorat PAI menyeleksi 1.345, dan yang lolos hingga tahap Training of Trainer (ToT) 437 guru dan pengawas PAI. “Guru PAI di semua jenjang maupun pengawas PAI dapat ikut terlibat dalam seleksi Calon Pelatih Provinsi Program PKB GPAI Tahap-2,” harapnya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat PAI Rizky FA menjelaskan,  bagi guru PAI yang  ingin mengikuti seleksi, harus memiliki persyaratan yaitu, terdaftar pada SIAGA dengan status mengajar aktif, memiliki sertifikat pendidik, pernah menjadi Master Trainer/Pelatih/ Instruktur dibuktikan dengan sertifikat kepelatihan yang dimiliki, dan memiliki karya inovasi atau karya tulis dengan laporan karya atau link karya yang sudah dipublikasi.

Sedangkan untuk pengawas, lanjut Rizky, harus memiliki persyaratan, terdaftar SIAGA dengan status mengajar seluruh guru binaannya aktif, memiliki sertifikat pendidik, memiliki sertifikat Diklat Pengawas, pernah menjadi Master Trainer/Pelatih/Instruktur dibuktikan dengan sertifikat kepelatihan yang dimiliki, dan memiliki karya inovasi atau karya tulis dibuktikan dengan laporan karya atau link karya yang sudah dipublikasi.

“Adapun tahapan seleksinya yaitu seleksi administrasi, tes CBT, wawancara, pelaksanaan Training of Trainer (ToT), dan penetapan kelulusan.” terang Rizky.

Baca Juga: Kemendikbud Resmi Buka Rekrutmen Guru Honorer jadi ASN PPPK 2021

Rizky menambahkan, untuk pendaftaran dan upload dokumen oleh calon peserta tanggal 8 sampai 16 Maret 2022. Selanjutnya untuk tahap verifikasi dan Validasi dokumen pendaftaran oleh Kanwil dilaksanakan tanggal 10 sampai 17 Maret 2022. Sedangkan jadwal tes akan disampaikan melalui kartu tes yang dapat diunduh melalui akun SIAGA mulai tanggal 19 sampai 21 Maret 2022. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist