Raja-raja Bus Sumatra Bersaing Ketat! Terbaru PO Gumarang Jaya Bakal Hadirkan Bus Mewah Terbaru

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Perusahaan Otobus (PO) Gumarang Jaya dirumorkan tengah menyiapkan 10 chasis terbaru dari perusahaan otomotif ternama Mercedes Benz, OH 1626 baru, yang bakal dipoles sebagai unit baru.

Bocoran yang didapat Padangkita.com dari salah satu YouTuber, Ridwan Nurman, 10 chasis Mercedes Benz, OH 1626 tersebut rencananya bakal dikirim ke perusahaan Karoseri Laksana, untuk segera dibentuk body bus, baik interior maupun eksteriornya.

Baca Juga: Bukan Kaleng-kaleng! PO Saingan ANS dan NPM Ini Hadirkan Suite Class SR3 Mercy 1836 untuk Trayek Jakarta – Sumbar

Wow!! sejak era bus-bus baru oleh para pemain bus Ranah Minang, kini giliran Gumarang Jaya mulai unjuk gigi dengan chasis baru,” beber Ridwan Nurman dalam unggahan video YouTube terbarunya, dilihat Padangkita.com, Rabu (21/9/2022).

Diketahui Gumarang Jaya termasuk salah satu PO bus legendaris yang dimiliki dan didirikan tokoh Minang (Sumatra Barat), yang hingga kini masih merajai angkutan penumpang untuk lalu lintas pulau Sumatra – Jawa, bersama PO bus legendaris lain seperti NPM dan ANS.

Ridwan sendiri pada kesempatan ini mengaku belum mendapatkan info ke-10 chasis tersebut akan dibuat seperti apa. Namun ungkap dia, jika masuk ke Karoseri Laksana, bisa dipastikan akan dibuat Legacy SR3 Series, yang merupakan model terbaru dari perusahaan Karoseri bus asal Ungaran, Semarang, Jawa Tengah itu.

“Untuk interiornya atau fasilitasnya belum diketahui,” tambah Ridwan.

Untuk diketahui, Legacy SR3 merupakan bus baru besutan Karoseri Laksana yang diluncurkan di Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2022 beberapa waktu lalu. Legacy SR3 yang diluncurkan terdiri dari beberapa varian, dengan yang paling tinggi tipe SR3 Ultimate dengan tampilan yang lebih premium.

Penampakan sejumlah chasis terbaru dari perusahaan otomotif ternama Mercedes Benz, OH 1626 baru yang dikirim PO Gumarang Jaya ke Karoseri Laksana. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Ridwan Nurman]
Sebelumnya, Technical Director Karoseri Laksana Stefan Arman mengatakan, seri bus terbaru ini dilengkapi dengan teknologi baru yang tentunya mengedepankan soal keamanan.

Laksana Legacy SR3 dirancang khusus dengan fitur Front Under-run Protection System (FUPS) yang telah mengikuti uji ketahanan standar kendaraan bus negara-negara Uni Eropa. Dengan inovasi itu, bus ini disiapkan untuk meminimalisasi risiko mobil terapit ketika terjadi tabrakan langsung dengan bus.

Kalau bicara tampilan, Legacy SR3 Ultimate punya sentuhan yang berbeda dengan SR3 biasa. Misalnya di bagian depan, ada ornamen lampu di tengah lampu depan LED yang baru, jadi ada garis memanjang. Selain itu di bagian samping, selendang yang digunakan juga berbeda, bahkan minimalis.

Ini tentu membuat penumpang nyaman karena bisa melihat ke arah luar dengan jelas. Kemudian, di bagian samping juga ada lekukan bodi yang memanjang dari depan sampai ke belakang. Tambahan aksen ini membuat bodi bus terlihat lebih garang dan elegan.

Baca Juga: Saingan Berat Bus Legendaris Nih! Viral, MPM Bakal Pakai Bus SR3 Panorama

Beralih ke bagian kabin, ubahan untuk varian ultimate adalah pemilihan bahan dashboard baru, memakai aksen kayu. Selain itu dipasang juga aksen-aksen emas di lis interior, membedakan dengan varian standar. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist