Puan Pastikan Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Anggaran Rp76,6 Triliun Diminta Dipakai Efektif

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan, tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 segera dimulai, yaitu pada 14 Juni mendatang.

“Sudah sama-sama disepakati antara KPU dan DPR melalui Komisi II dan Pemerintah bahwa tahapan pemilu akan dimulai Insya Allah sesuai dengan jadwal yang ada yakni 14 Juni 2022,” kata Puan usai menerima audiensi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Diketahui, Pemilu akan digelar pada 14 Februari 2024, sementara Pilkada Serentak akan digelar pada 27 November 2024.

Puan menjelaskan, jadwal waktu pendaftaran parpol sebagai peserta pemilu akan ditetapkan pada bulan Agustus 2022, dan verifikasi parpol calon peserta pemilu akan ditetapkan pada Desember 2022.

“Sehingga pelaksanaan tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu Insya Allah sesuai dengan jadwal yang akan ditetapkan,” ujar Puan.

Terkait dengan anggaran, DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu menyepakati besaran dana pelaksanaan pemilu 2024 adalah Rp76,6 triliun. Dia berharap anggaran tersebut dapat dipakai efektif untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas.

Baca Juga: Ini 6 Arahan Presiden Jokowi Terkait Pemilu 2024 ke KPU

“Kami berharap anggaran pemilu dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif serta dimaksimalkan sesuai dengan kebutuhannya sejak dimulainya tahapan pemilu,” pungkasnya. [jal/isr]

Terpopuler

Add New Playlist