PT Wika Rilis Penampakan Terkini Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan, Progres Capai 66,39%

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – PT Wijaya Karya (Persero) Tbk merilis penampakan progres Jalan Tol Padang–Pekanbaru Seksi 5 Bangkinang-Pangkalan.

Melalui akun resmi media sosialnya @ptwijayakarya di Instagram, Wijaya Karya (Wika) mengunggah dua foto. Satu foto memperlihatkan simpang susun (SS) yang telah rampung dan satu foto lagi main road yang juga telah selesai dibangun.

Dalam keterangan foto, Wika menjelaskan, bahwa progres pengerjaan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 5 Bangkinang-Pangkalan sepanjang 24,7 km ini telah mencapai 66,39%.

“Separuh perjalanan lagi nih sampai jalan tol ini rampung dan dapat beroperasi pada tahun 2023 mendatang,” demikian keterangan Wika, Selasa (11/10/2022).

Penampakan main road Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan. [Foto: Dok. Wika]
Dengan Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan, berarti Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dan Riau benar-benar sudah tersambung dengan jalan tol. Meskipun baru di bagian ujung Sumbar.

Diketahui, Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan merupakan salah satu dari 6 seksi Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang panjang totalnya mencapai 254 km. Jalan Tol Padang-Pekanbaru sendiri merupakan sirip atau feeder dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Dari 6 seksi, salah satu seksi yang Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang (40 km) telah rampung dan hanya menunggu peresmian untuk dioperasikan. Satu seksi lagi, yakni Seksi 1 Padang–Sicincin (36 km) kembali dilanjutkan pembangunannya setelah sempat mangkrak sejak akhir 2020.

Sedangkan 3 seksi lagi akan dilanjutkan setelah 2024. Tiga seksi itu adalah Seksi 4 Pangkalan–Payakumbuh (58 km), Seksi 3 Payakumbuh–Bukittinggi (34 km) dan Seksi 2 Bukittinggi–Sicincin (38 km).

Pembangunan Jalan Tol Padang–Pekanbaru ditugaskan kepada PT Hutama Karya (Persero) selaku pengembang proyek berkolaborasi dengan anak perusahaan PT HK Infrastruktur (HKI) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika) selaku kontraktor utama untuk seksi prioritas.

Baca juga: Padang – Pekanbaru Cuma 3 Jam Saja, Hutama Karya Optimistis Tuntaskan Konstruksi Jalan Tol

HKI bertanggung jawab untuk konstruksi di Seksi Pekanbaru–Bangkinang dan Seksi 1 Padang–Sicincin. Sementara Wika bertanggung jawab pada Seksi 5 Bangkinang–Pangkalan.

Adapun estimasi nilai investasi pada proyek Jalan Tol Padang–Pekanbaru ini mencapai Rp80,41 triliun dengan pembiayaan yang bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN), ekuitas lainnya, dan pinjaman. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News 

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist