Berita

PT Semen Padang Tanam 2.000 Bibit Kaliandra Merah, Dukung Energi Terbarukan dan Lingkungan

×

PT Semen Padang Tanam 2.000 Bibit Kaliandra Merah, Dukung Energi Terbarukan dan Lingkungan

Sebarkan artikel ini

Padang, Padangkita.comPT Semen Padang menggelar kegiatan penanaman bibit kaliandra merah sebanyak 2.000 batang di area emplasemen perusahaan, di kawasan Bukit Atas, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia Tahun 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar, Direktur Operasi Indrieffouny Indra, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatra Barat Yozawardi, dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumbar Andi Irawan.

Acara diawali dengan senam bersama di lapangan Club House Lapangan Golf PT Semen Padang.

Setelah itu, dilanjutkan dengan lomba Carnival dan lomba yel-yel antar departemen di lingkungan PT Semen Padang dan Semen Padang Group, serta lomba sosial media dengan cara memposting foto dan video dengan membuat #MenanamHarapanSemenPadang dan follow, serta tag instagram PT Semen Padang.

Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar mengatakan bahwa penanaman kaliandra merah ini dilakukan sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan ketahanan energi nasional.

“Kaliandra merah merupakan tanaman energi terbarukan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Tanaman ini memiliki produktivitas tinggi dan dapat dipanen setiap 6 bulan sekali,” kata Asri.

Asri juga mengatakan bahwa penanaman kaliandra merah ini merupakan bagian dari program Alternatif Fuel Resource (AFR) PT Semen Padang. Perusahaan menargetkan penggunaan AFR sebesar 16% pada tahun 2025.

“Saat ini, PT Semen Padang telah melakukan uji coba penggunaan kaliandra merah sebagai bahan bakar alternatif. Hasil uji coba menunjukkan bahwa kaliandra merah dapat digunakan sebagai bahan bakar pengganti batu bara,” kata Asri.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat Yozawardi mengapresiasi kegiatan penanaman kaliandra merah yang dilakukan oleh PT Semen Padang.

Ia menilai kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan kelestarian alam.

“Penanaman pohon merupakan salah satu cara untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan ketahanan lingkungan. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lainnya,” kata Yozawardi.

Salah seorang karyawan PT Semen Padang Muhammad Ridwan mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Baca Juga: Panen Kaliandra Merah, PT Semen Padang akan Uji Coba Sebagai Bahan Produksi 

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” kata Ridwan. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News