Produk UMKM Binaan PLN Sumbar di Pasaman Tembus Pasar Afrika

Penulis: Zulfikar Efendi

Lubuk Sikaping, Padangkita.com – Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatra Barat (Sumbar) di Pasaman berhasil menembus pasar internasional, yaitu Afrika.

Seorang pengelola UMKM pemgolahan makanan Borkar Manian yang juga merupakan UMKM binaan PLN Sumbar, Nurlan menyebutkan, bahwa saat ini produk mereka telah menembus pasar Afrika.

“Produk kita berupa Abon, Kripik Pisan dan Olahan Ikan Kering sudah terjual hingga ke Nairobi, Afrika,” ujar Nurlan saat dikunjungi Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga di Rumah BUMN Pasaman, Kamis (7/10/2021).

Nurlan mengaku, usahanya itu bisa maju dan berkembang berkat adanya pinjaman serta bimbingan dari PLN.

Lubuk Sikaping, Padangkita.com - Produk UMKM binaan PLN Sumbar di Pasaman berhasil menembus pasar internasional, yaitu Afrika.
Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga saat berkunjung ke Rumah BUMN Pasaman. [Foto: Ist]
Sementara itu, Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengapresiasi kontribusi PLN terhadap pengembangan UMKM di Sumbar.

“BUMN akan membantu UMKM untuk bertahan di tengah Pandemi ini. Bahkan, adanya bimbingan dan kolaborasi yang baik dari semua pihak, UMKM dapat berkontribusi bagi peningkatan perekonomian negara,” ujar Arya.

Arya juga mengajak pelaku UMKM untuk meningkatkan teknik pemasaran, dari tradisional ke konvesional.

Baca juga: Peringati Hapelnas 2020, PLN Gratiskan Pelanggan 450 VA dan Diskon 50 Persen Pelanggan 900 VA

“Mulailah memanfaatkan media digital atau daring. Pemasaran seperti itu akan berdampak signifikan terhadap penjualan produk,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist