Positif Terinfeksi Covid-19, 13 Jemaah Umrah Indonesia Masih Isolasi di Arab Saudi

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Sebanyak 13 jemaah umrah asal Indonesia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 usai menjalani tes swab sebelum kembali ke tanah air. Akibatnya, ke-13 jemaah tersebut masih harus menjalani isolasi di Jeddah, Arab Saudi.

Sementara itu, 256 jemaah umrah lainnya sudah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, hari ini, Kamis (12/11/2020).

Baca Juga

“Jadi jemaah umrah yang kembali dari Jeddah jumlahnya ada 256. Ini adalah jemaah yang berangkat kloter pertama tanggal 1 dan 3 November lalu,” kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II Agus Haryadi, dilansir dari Liputan6.com, Kamis (12/11/2020).

Agus mengatakan Ratusan jemaah tersebut, tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta menggunakan pesawat Saudia SV-816 rute Jeddah (JED) – Jakarta (CGK). Kepulangan jemaah umrah ini merupakan kloter pertama yang berangkat pada 1 dan 3 November 2020.

“Seperti kita ketahui, tanggal 1 itu ada pemberangkatan perdana, kemudian tidak terangkut semua kan karena syarat-syarat belum lengkap. Kemudian diberangkatkan kembali melalui penerbangan susulan di tanggal 3. Nah, selama kurang lebih 12 hari mereka di sana kemudian hari ini mereka kembali,” ujar dia.

Baca juga: 27 Kabupaten/Kota Berstatus Zona Merah Covid-19, Termasuk Tanah Datar dan Kota Padang

Menurut Agus, mereka tidak akan melakukan isolasi mandiri lebih lanjut di Indonesia karena sudah berstatus bebas Covid-19.

“Jemaah umrah yang kembali hari ini adalah jemaah yang sudah clean and clear statusnya. Jadi mereka sudah di swab/PCR dan hasilnya negatif,” terangnya.

Sementara itu, 13 jemaah tersebut, kata Agus, masih harus menjalani isolasi mandiri di Arab Saudi karena hasil swab masih menunjukkan positif Covid-19.

Agus pun meminta seluruh jemaah umrah asal Indonesia agar disiplin menerapkan protokol kesehatan serta aturan otoritas kesehatan selama di Arab Saudi.

“Jadi ini ada tingkat kedisiplinan yang harus diperbaiki. Karena ada sejumlah jemaah yang keluar (jalan-jalan). Akhirnya otoritas kesehatan di sana mengambil tindakan untuk melakukan swab ulang,” kata Agus. [*/try]


Baca informasi lainnya hanya di Padangkita.com

Terpopuler