POMNas ke-17 Ditutup: DKI Jakarta Juara Umum, Tuan Rumah Sumbar Peringkat 5

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke-17, Tahun 2022 yang digelar di Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) resmi ditutup di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Sabtu malam (26/11/2022).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Prof. Zainuddin Amali dalam sambutannya mengapresiasi suksesnya penyelengaraan POMNas yang dilaksanakan Sumbar selaku tuan rumah.

Perihal perolehan medali, meskipun DKI Jakarta menjadi juara umum, namun Menpora juga memuji pencapaian Sumbar yang mampu meraih peringkat 5 besar dan merupakan satu-satunya provinsi di luar pulau Jawa yang masuk 5 besar.

“Yang menduduki peringkat lima besar di luar Pulau Jawa, itulah juara sebenarnya,” ujar Zainuddin Amali.

Selain itu Menpora juga menyinggung besarnya potensi wisata di banyak wilayah di Indonesia. Dirinya optimis, jika potensi itu digarap, tentunya ini bakal memberikan efek yang luar biasa untuk Indonesia.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh panitia penyelenggaraan atas terlaksananya POMnas kali ini.

“Kami Pemerintah Provinsi Sumbar memberi dukungan penuh untuk POMnas ini,” ujar dia.

Selain mendorong lahirnya atlet berprestasi, Gubernur menilai pagelaran POMnas secara langsung meningkatkan pendapatan masyarakat dan yang tentunya meningkatkan ekonomi Sumbar secara umum.

“Setidaknya lebih 10 ribu orang berkunjung ke Sumbar, yang tentunya sangat memberi manfaat dan dampak secara ekonomi,” ujar Mahyeldi.

“Jadi kalau ada lagi event-event nasional yang akan dilaksanakan di Sumbar, kami siap pak Menteri,” tambah Gubernur berharap.

Mahyeldi juga menyinggung perihal ditetapkannya UNP menjadi bagian Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), tentunya ini menjadi modal bagi Sumbar untuk dapat melahirkan atlet-atlet muda bertalenta ke tingkat nasional.

Diketahui, event ini sebelumnya dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim pada tanggal 17 November 2022 dan ditutup hari ini, 26 November oleh Menpora.

POMNas kali ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang, dan Sepak Takraw, Bulu Tangkis, Panjat Tebing, Karate dan Taekwondo.

Dari 34 Provinsi yang bertanding, yang keluar sebagai 10 besar yakni, peringkat 10 diraih Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), peringkat 9 Sulawesi Selatan, perongkat 8 Daerah Istimewa Yogyakarta, peringkat 7 Bali dan peringkat 6 Provinsi Sumatra Utara.

Selanjutnya untuk peraih lima besar, tuan rumah Sumbar sukses meraih peringkat 5 dengan 36 medali, lalu peringkat 4 Jawa Barat dengan 61 medali.

Baca Juga: Tuan Rumah Sumbar Bidik Target 5 Besar POMNas 2022, Ini Cabor Andalan

Selanjutnya peringkat 3 Jawa Timur dengan 72 medali, peringkat 2 Jawa Tengah 89 medali, dan peringkat 1 atau juara umum diraih DKI Jakarta dengan total medali 115. Untuk pegelaran POMnas ke 18 nantinya bakal digelar di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist