Pohon Tumbang Timpa Rumah di Koto Baru, BPBD Pasbar Imbau Warga Waspada Hujan dan Angin Kencang

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan hujan yang terus mengguyur. Terutama, bagi masyarakat yang bermukim di sekitar pinggiran sungai dan perbukitan atau pegunungan.

“Akhir-akhir ini cuaca agak sedikit ekstrem, hujan dan disertai angin kencang. Kepada masyarakat yang tinggal di sekitar sungai dan daerah pegunungan untuk selalu waspada dengan kemungkinan yang akan terjadi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pasbar, Azhar kepada Padangkita.com, Minggu (7/11/2021) sore.

Ia menyampaikan, siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB telah terjadi bencana, rumah salah seorang warga ditimpa pohon tumbang yang diakibatkan oleh angin kencang.

“Hujan lebat dan angin kencang yang terjadi siang tadi mengakibatkan rumah warga kita di Jorong Simpang Tiga, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo mengalami rusak,” ujarnya.

Namun, pihaknya bersama-sama dengan masyarakat, pemerintah nagari, kecamatan dan Palang Merah Indonesia (PMI) telah melakukan pembersihan pohon yang menimpa rumah tersebut.

“Untuk personel Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pasbar selalu siaga apabila sewaktu-waktu terjadi bencana banjir ataupun tanah longsor, kita selalu siap untuk terjun ke lokasi,” ungkapnya.

Baca juga: Waspada! Sumbar Masuki Puncak Musim Penghujan dari Sekarang hingga Desember

Ia menyampaikan, bagi masyarakat yang mengalami ataupun mengetahui adanya kejadian bencana bisa menginformasikan kepada BPBD Pasbar melalui nomor telepon 085364645131, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Aprizal dan 081275496312, Plt Kalaksa BPBD, Azhar. [rom/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist