Waspada! Sumbar Masuki Puncak Musim Penghujan dari Sekarang hingga Desember

Padang, Padangkita.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Pariaman memperkirakan puncak musim penghujan di Sumatra Barat (Sumbar) terjadi pada November hingga Desember.

Kepala Stasiun Meteorologi Minangkabau BMKG Padang Pariaman, Sakimin mengatakan, pada puncak musim penghujan ini, Sumbar secara umum bakal sering dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

“Setiap hari di Sumbar berpotensi terjadi hujan. Namun, intensitas dan waktunya bervariasi,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via pesan WhatsApp, Rabu (3/11/2021).

Menurutnya, potensi cuaca ekstrem tersebut bisa menimbulkan terjadinya bencana banjir atau tanah longsor. Apalagi, kata dia, semua wilayah di Sumbar memiliki titik-titik yang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi.

“Utamanya di wilayah dataran rendah dan yang topografinya perbukitan,” sebut Sakimin.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menghadapi puncak musim penghujan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan bencana hidrometeorologi.

Baca juga: Gempa M 6,2 Guncang Nias Barat Dinihari, Terasa hingga ke Mentawai

“Dan tetap update info cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG,” sampainya. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist