Pesona Danau Talang di Kabupaten Solok, Keindahan Eksotis di Kaki Gunung

Penulis: Redaksi

Arosuka, Padangkita.com – Satu lagi destinasi wisata danau di Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar) yang sangat layak dikunjungi. Selain Danau Kembar (Danau Diatas-Danau Dibawah) dan Danau Singkarak, Kabupaten Solok masih punya hidden gems.

Namanya Danau Talang, memang tak seluas 3 danau yang lain di Kabupaten Solok. Namun keindahannya tak kalah eksotis, bahkan untuk beberapa hal, danau ini punya keistimewaan dibanding danau lainnya.

Danau Talang tidak bisa dikunjungi oleh semua orang. Sebab, untuk menuju danau ini, pengunjung setidaknya harus berjalan kaki mendaki sekitar 2 km. Ini artinya, ketahanan fisik menjadi syarat untuk berwisata ke danau ini.

[Foto: Dok. DPMPTSP Naker Kab. Solok]

Danau Talang terletak di Kecamatan Danau Kembar, berjarak sekitar 35 km dari Arosuka, Ibu Kota Kabupaten Solok. Perjalanan dengan kendaraan harus berhenti di lokasi yang disediakan melalui simpang Polsek Danau Kembar. Setelah itu, pengunjung mesti berjalan kakai.

Kawasan Danau Talang merupakan danau vulkanik dengan luas permukaan 5 km2. Danau ini adalah reservoar dari Gunung Talang yang memiliki potensi keindahan yang istimewa. Danau dikelilingi oleh rangkaian bukit-bukit dari Gunung Talang yang bisa dilihat jika berdiri di dekat danau.

Air danau yang jernih sangat menggoda untuk mandi atau sekadar bermain air. Dasar danau dapat terlihat jelas dari permukaan.

Terletak di kaki Gunung Talang, pinggir danau tersebut dikelilingi oleh bebatuan besar yang sejauh ini belum begitu jelas bagaimana muasalnya.

Namun, menurut cerita masyarakat sekitar, batu-batu besar tersebut berasal dari semburan Gunung Talang yang memuntahkan isinya ketika erupsi dahsyat zaman dulu.

[Foto: Dok. DPMPTSP Naker Kab. Solok]

Jika berdiri tepat di pinggir danau yang menghadap ke badan gunung, bukanlah batu besar yang akan kita sentuh melainkan debu-debu semburan gunung yang telah memadat dan menjadi tanah.

Danau Talang adalah salah satu destinasi wajib bagi pendaki gunung. Di sekitar lokasi menjadi tempat kemping untuk menikmati danau pada waktu sunrise dan sunset.

Baca juga: Berlibur ke Danau Kembar Alahan Panjang Serasa di Eropa, Temukan Fakta-fakta Uniknya

Anda tertantang untuk ke Danau Talang?  [*/pkt]

 

 *) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist