Inilah 3 Menu Favorit Nasi Kapau

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Nasi Kapau merupakan salah satu jenis masakan Padang atau Nasi Padang, asal Sumatra Barat (Sumbar) yang paling disukai banyak orang di seluruh dunia lo.

Sama halnya dengan Nasi Padang, Nasi Kapau merupakan salah satu makanan tradisional asal Minangkabau. Hidangan ini berasal dari salah satu nagari atau desa di Provinsi Sumbar, yakni Nagari Kapau, Kabupaten Agam.

Bagi yang ingin mengunjungi Sumbar atau ingin berkuliner di kota Bukittinggi rasanya kurang pas kalau tidak mencicipi kuliner yang satu ini. Untuk menikmati nasi kapau asli atau yang dibuat masyarakat daerah tempat makanan ini berasal, kamu dapat menemukannya dengan mudah di Los Lambuang, Pasar Lereng, yang berada di Kota Bukittinggi.

Di sini banyak penjual nasi kapau yang menyajikan nasi kapau dengan rasa yang tentunya super lezat alias nasi kapau paling lezat di dunia.

Nah, bagi para pemula atau bagi yang belum pernah mencicipi Nasi Kapau, dari bingung, baiknya simak ulasan yang satu ini. Apalagi pada Rumah Makan Nasi Kapau banyak lauk yang disajikan berderet-deret di dalam wadah-wadah cantik, sehingga membuat bingung dan ngiler.

Tapi jangan bingung, inilah 3 rekomendasi menu yang paling favorit dicicipi bagi kamu yang pertama kali merasakan Nasi Kapau.

1. Ikan Batalua

Ikan Batalua berada di urutan pertama rekomendasi menu paling laris di rumah makan Nasi Kapau.

Menu Ikan Batalua Nasi Kapau. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Menu ini merupakan ciri khas Rumah Makan Nasi Kapau. Kamu tidak menemukan akan gulai seperti ini di rumah makan Padang pada umumnya. Ya kecuali yang dijual di kedai Nasi Kapau.

Nah yang istimewanya dari gulai ikan batalua ini adalah ikannya dimasak bersamaan dengan telur di dalam perutnya. Nah apalagi dimasaknya memakai bumbu khas Kapau yang rasanya enak banget.

2. Gulai Tunjang

Menu Gulai Tunjang Nasi Kapau. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Gulai Tunjang termasuk juga salah satu menu masakan paling enak Nasi Kapau. Mungkin sudah banyak yang tahu atau pernah mencicipi Gulai Tunjang di rumah Makan Padang, tapi Gulai Tunjang di Rumah Makan Nasi Kapau memiliki cita rasa, yang agak sedikit berbeda ya.

Apalagi Tunjang-nya itu dipilih Tunjang yang benar-benar bagus daging tunjangnya. Jadi ini benar-benar pilihan dan dimasak dengan rempah dan bumbu khas Kapau. Jadi rasanya ondeh mandeh, lamak bana.

3. Tambunsu

Menu Tambunsu Nasi Kapau. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Menu selanjutnya yang layak anda cicipi jika memakan Nasi Kapau adalah Gulai Tambunsu. Tambunsu berasal dari usus sapi, yang diisi dengan telur, kemudian digulai dengan rempah-rempah khas nagari Kapau.

Baca Juga: Juara Dunia Superbike Makan Nasi Padang dengan Sendok, Netizen: Harusnya Pakai Tangan Biar Nilainya 10 

Kalau soal rasanya, jangan ditanya. Gulai Tambunsu ini rasanya paling juara dibanding gulai-gulai lainnya. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist