Pertemuan Kajari, Ketua PN dan Kapolres Pasbar, Ini yang Mereka Bicarakan

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Redaksi

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Silaturahmi meningkatkan sinergitas dan soliditas di antara sesama aparat penegak hukum

Simpang Empat, Padangkita.com -Para aparat penegak hukum (APH) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sepakat untuk meningkatkan sinergitas dalam upaya penegakan hukum di Bumi Tuah Basamo itu.

Demikian benang merah dalam silaturahmi dan diskusi yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Pasaman Barat di Cafe Seven Simpang Empat, Rabu (7/4/2021) malam.

Kegiatan ini dihadiri instansi vertikal di Pasaman Barat yakni, Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Kepolisian Resor Pasaman Barat.

Lembaga Pemasyarakatan Talu, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pasaman Barat dan sejumlah wartawan di Pasaman Barat.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pasaman Barat, Ginanjar Cahya Permana mengatakan silaturahmi ini sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas di antara sesama aparat penegak hukum di Pasbar.

“Sinergisitas dan silaturahmi akan terus kita tingkatkan. Untuk langkah awal kita mengadakan pertemuan dan diskusi santai bersama rekan-rekan APH dan juga bersama keluarga besar masing-masing,” katanya di Simpang Empat, Kamis (8/4/2021).

Ia mengaku terkejut, karena dari pengakuan APH lainnya, kegiatan semacam ini baru pertama kali pernah dilakukan di Pasaman Barat.

“Dari pengakuan rekan-rekan kita sesama APH, kegiatan kita ini perdana, berkumpulnya APH secara lengkap. Tentu tujuannya adalah untuk meningkatkan hubungan baik di antara sesama APH di Pasaman Barat,” ungkapnya.

Menurutnya dengan adanya forum sinergitas ini, mudah-mudahan dapat menyatukan persepsi antara APH.

Sehingga dapat meminimalisasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan atau dalam penanganan perkara.

“Forum ini akan menjadi forum komunikasi resmi lingkup Criminal Justice System di wilayah hukum Pasaman Barat,” ujar Ginanjar.

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pasaman Barat Aries Sholeh Efendi menyebutkan kegiatan ini sangat bagus untuk menyatukan persepsi dan sinergitas sesama APH.

“Terima kasih Pak Kajari yang telah mengadakan pertemuan perdana yang selama ini belum pernah terjadi. Mudah-mudahan kegiatan ini menambah kebaikan dalam upaya penegakan hukum,” harapnya.

Sementara itu Kepala Kepolisian Resor Pasbar, AKBP Sugeng Hariyadi mengucapkan rasa syukur atas kegiatan sinergitas yang dimotori oleh Kajaksaan Negeri Pasbar.

“Mudah-mudahan ke depannya sinergitas APH semakin meningkat dalam penegakan hukum di Pasaman Barat ini,” katanya.

Baca juga: Musrenbang RKPD 2022 Pasaman Barat, Bupati Minta OPD Maksimalkan Anggaran yang Terbatas

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kesepakatan pakta integritas zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh aparat penegak hukum yang hadir. [pkt]

Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist