Pertama di Sumbar!! PO Pangeran Segera Rilis 5 Bus Baru Pakai Sasis Jerman Luxury

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Menjelang akhir Tahun 2022 ini, para pengusaha Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia berpacu-pacu dalam hal pelayanan. Tak ketinggalan juga PO yang ada di tanah Minang (Sumatra Barat – Sumbar), yang turut menghadirkan unit bus terbarunya demi meningkatkan pelayanan.

Nah, PO bus asal Sumbar yang bakal kita bahas kali ini adalah PO Pangeran yang berasal dari Kota Bukittinggi. Dikabarkan PO milik pengusaha asal Bukittinggi Riswaldi Sutan Pangeran tersebut bakal segera merilis 5 unit armada bus barunya.

Kabar yang didapat Padangkita.com, kelima armada big bus baru ini bakal dirilis akhir tahun 2022 ini. Nantinya bus baru ini berbeda dengan 5 unit armada Pangeran sebelumnya. Bus baru ini memakai sasis Mercedes Benz O 1623 yang dibalut dengan bodi All New Discovery SR3, yang merupakan produk terbaru rakitan Karoseri Laksana. Bus baru ini memiliki kapasitas sebanyak 32 kursi berukuran lebih besar dan mewah.

Soal jenis sasis yang dipakai, diketahui sasis Mercedes Benz O 1623 merupakan varian terbaru bermesin depan dari Mercedes Benz. Mengapa Pangeran memilih sasis dengan mesin depan, karena sasis tersebut dirancang untuk meningkatkan kualitas modal transportasi darat.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut lebih besar, jika dibandingkan dengan produk-produk lain di kelasnya. Selain itu sasis ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan lebih canggih, seperti full brake system dan dilengkapi dengan rem tambahan. Soal harga, sasis tersebut dibanderol sekitar Rp649 juta off the road.

Bus SR3 Pangeran ini sedang dirakit di Karoseri Laksana. Selama 2 bulan proses perakitan berlangsung, untuk saat ini ke-5 bus Pangeran tersebut tinggal proses finishing akhir.

Penampakan bus SR3 Pangeran saat dirakit di Karoseri Laksana. [Foto: Tangkapan layar YouTube]
Diketahui, Pangeran merupakan PO asal Bukittinggi di bawah naungan PT Pangeran Aman Sukses yang bermarkas pusat di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bukittinggi. Bus ini yang identik dengan livery warna merah dengan tulisan pangeran dan ada gambar mahkota di kening bus dan di bagian pintu. Yang tak kalah menarik adalah gambar jam gadang.

Bus Pangeran yang dirilis sebelumnya bersasis Mercedes Benz )F 917 Long dan memiliki 26 seat legrest. Lima unit Bus berukuran medium Long Luxury diberi nama Pangeran. Bus ini telah menjejal lintasan Sumatera – Jawa sejak Lebaran Idul I Fitri kemarin, tepatnya pada akhir Mei Tahun 2022.

Kelima bus yang disiapkan untuk tahap awal tersebut dibalut dengan bodi dari Karoseri Laksana. Bus-bus ini memang berbeda dengan bus milik PO asal Sumbar kebanyakan. Bus Pangeran mengusung konsep No Smoking Area dan No Kondektur.

Soal fasilitas yang ditawarkan di antaranya, full AC, seat legrest, free wi-fi, gps, live TV, free snak, USB charger, mini bar, coffee break, penyeberangan eksekutif, dispenser, bantal maupun selimut dan toilet .

Dengan sederet fasilitas unggulan tersebut, untuk menikmati perjalanan dari Sumbar – Jakarta, kamu cukup merogoh kocek senilai Rp650.000. Untuk saat ini masih melayani rute Bukittinggi – Jakarta.

Selain melalui lintas timur atau via tol, bus ini juga melewati jalur lintas tengah Sumatra jalur.
Lintas Sumatera yang dilalui Pangeran di antara muara Bungo – Sarolangun – Prabumulih – Muara Enim – Lahat – Lubuk Linggau dan kota lainnya. Sementara untuk wilayah Sumbar, bus Pangeran melintasi Payakumbuh – Bukittinggi – Batusangkar dan Solok.

Meskipun bus ini dimiliki Riswaldi Sutan Pangeran, namun untuk pengelolaan perusahaan dipercayakan kepada anak bungsunya bernama Berliana Betris. Berliana merupakan lulusan kampus Universitas Andalas.

Ia dipercaya sang ayah sebagai komisaris. Dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan, di tangan dingin perempuan muda berusia 23 tahun ini, Pangeran sukses menambah 5 Armada baru dalam akhir tahun ini.

Baca Juga: Pemegang Rekor Trayek Tergemuk di Indonesia: Inilah 8 PO AKAP dengan Trayek Bus Terbanyak di Ranah Minang

Nah, semoga bus baru Pangeran ini segera dirilis tahun ini dan mari kita tunggu bersama kehadiran bus baru dengan pelayanan yang tentunya lebih berkualitas tentunya. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist