Pemegang Rekor Trayek Tergemuk di Indonesia: Inilah 8 PO AKAP dengan Trayek Bus Terbanyak di Ranah Minang

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Sobat traveler semua pasti tahu bahwa persaingan operator bus atau perusahaan otobus (PO) angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) trayek Sumatra Barat (Sumbar) – Jakarta dan sebaliknya, merupakan salah satu trayek bus AKAP dengan persaingan paling ketat pada saat ini.

Para operator bisakah pada trayek ini bersaing dalam menawarkan kemewahan dan kenyamanan bagi para pelanggan setianya. Hal ini bukanlah tanpa alasan, trayek bus AKAP menuju sekitar kawasan Sumbar memang sedang naik daun pada beberapa waktu terakhir ini.

Peningkatan pelayanan serta kenyamanan armada bus, menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi para penumpang. Hingga hari ini, semakin banyak PO yang membuka trayek bus AKAP-nya dari kawasan Jabodetabek ke Sumbar.

Keberadaan beberapa operator PO lama pada trayek ini, seperti ANS, NPM dan masih ada beberapa PO lain, mau tidak mau menjadikan trayek bus AKAP dari Jakarta menuju Sumbar menjadi salah satu trayek bus AKAP dengan persaingan paling ketat di Indonesia.

Tingginya harga tiket moda transportasi pesawat terbang menuju provinsi Sumbar, menjadikan berkah tersendiri bagi pemuda transportasi bus. Di mana sebagian besar penumpang akhirnya menjatuhkan pilihan ke mode transportasi bus, yang menawarkan harga tiket cukup terjangkau.

Kondisi ini terlihat dari semakin banyaknya pengguna transportasi bus pada trayek Jakarta menuju kawasan provinsi Sumbar. Sudah terkenal Sumbar merupakan suatu provinsi di Sumatra, yang memiliki jumlah pendatang dan perantau cukup banyak di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya.

Banyaknya jumlah pendatang asal daerah Sumbar dan sekitarnya yang merantau ke sekitar daerah Jabodetabek, merupakan suatu potensi pangsa pasar penumpang yang cukup besar bagi pemasukan PO. Penumpang asal daerah Sumbar dan sekitarnya, sudah terkenal sering melakukan perjalanan pulang-pergi, menuju dan dari kawasan Jabodetabek ke kampung halaman pada setiap harinya.

Puluhan ribu orang asal Sumbar merantau ke sekitar kawasan Jabodetabek. Sebagian untuk sekolah dan melanjutkan studi dan sebagian lainnya merantau untuk mencari nafkah serta berjualan. Potensi jumlah penumpang yang cukup tinggi merupakan salah satu alasan yang cukup kuat bagi para pengusaha PO untuk menjalankan armadanya, menuju beberapa kota di Provinsi Sumbar.

Moda transportasi bus memang masih menjadi pilihan utama bagi perantau Minang untuk berpergian ke sekitar kawasan Jabodetabek. Nah, berikut ini adalah 8 PO bus dengan jumlah armada terbanyak pada jalur Jakarta – Sumbar pada Tahun 2022.

8. PO Sembodo

Bus PO Sembodo. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Ridwan Nurman]
PO Sembodo belum lama ini memulai pelayanan penumpang bus AKAP Jakarta – Sumbar. Sembodo merupakan salah satu pendatang baru yang melayani trayek bus menuju kawasan Sumbar. PO Sembodo menerjunkan armada bus yang cukup mewah untuk melayani penumpang pada trayek ini. Pada setiap harinya Sembodo menerjunkan dua unit bus menuju Pulau Jawa dari kawasan Sumbar.

7. PO Epa Star

PO bus Epa Star. [Foto: Ist]
Terjun di jalur panas Jakarta Sumbar, Epa Star langsung menerjunkan armada terbarunya pada trayek ini, yaitu armada bus yang dibalut body avante buatan karoseri Tentrem. Epa Star merupakan PO pertama yang mengoperasikan armada bus dengan konfigurasi kursi 1-1 menuju kawasan Sumbar.

Selain itu para penumpang Epa Star juga mendapatkan satu kali service makan gratis, yang sudah termasuk di harga tiket. Pada setiap harinya ada dua unit bisnis yang diberangkatkan menuju Pulau Jawa dari Sumbar.

6. PO Palala

PO Bus Palala. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Ridwan Nurman]
PO Palala merupakan salah satu PO yang mendobrak pada trayek bus AKAP Jakarta – Sumbar, dengan menerjunkan armada yang cukup mewah dan nyaman. Menyasar kantung penumpang di kawasan Sumbar, strategi brilian ini cukup berhasil bagi PO Palala dengan semakin eksisnya PO ini pada trayek Jakarta – Sumbar.

Memiliki total 10 unit armada, pada setiap harinya ada 3 armada bus Palala dengan livery mewahnya yang melayani penumpang pada trayek Jakarta – Sumbar dan sebaliknya. Pada saat akhir pekan atau libur, di mana terdapat lonjakan jumlah penumpang biasanya, Palala biasa menambah jumlah armada busnya pada trayek ini.

5. PO Transport Express Jaya

PO Transport Express Jaya. [Foto: Ist]
Transport Express Jaya dapat dikatakan bahwa PO yang satu ini merupakan salah satu PO pribumi di tanah Minang. Kehadiran PO Transport Express Jaya langsung menggebrak dengan menawarkan harga tiket yang cukup terjangkau dan sangat kompetitif.

Pada setiap harinya ada tiga unit di Transport Express Jaya yang meluncur dari sekitar Jabodetabek menuju ke arah Sumbar. Begitu pula dari arah Sumbar ada tiga bus yang diberangkatkan membawa penumpang menuju sekitar kawasan Jabodetabek. Total ada 6 bus dioperasikan oleh Transport Express Jaya pada trayek ini pada setiap harinya

4. PO LBJ Transport

Dapat dikatakan bahwa PO ini sedikit kurang terekspos. Namun ternyata PO LBJ Transport memiliki pelanggan setia yang cukup loyal pada trayek Jakarta – Sumbar. Dapat dikatakan LBJ Transport merupakan PO yang sudah cukup lama berjibaku di kawasan Sumbar.

Pada setiap harinya ada 3 bus PO LBJ Transport yang diperankan membawa penumpang dari kawasan Minang menuju ke pulau Jawa.

3. PO MPM

Penampakan Bus NPM, salah satu bus Sumatra yang menggunakan tameng pada kaca depannya. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
MPM atau singkatan dari Mutia Putri mulia dapat dikatakan sebagai salah satu pendatang baru pada trayek bus AKAP Jakarta ke kawasan Sumbar. Mengoperasikan armada bus yang cukup mewah dan nyaman, menjadikan armada bus NPM sebagai pilihan para penumpang kelas premium.

Pada trayek ini dapat dikatakan MPM memang cukup berani bersaing dengan para pemain lama di jalur ini, dengan menawarkan bus yang sangat nyaman. Pada setiap harinya MPM mengoperasikan 4 hingga 5 unit armada bus dari sekitar Sumbar ke pulau Jawa.

2. PO ANS

PO Bus ANS. [Foto: Its]
ANS merupakan salah satu perusahaan otobus yang sudah lama malang melintang dan berpengalaman pada trayek bus AKAP dari Jakarta menuju ke kawasan Sumbar. Tentunya banyak yang memiliki kenangan menaiki salah satu PO legendaris asal Minang ini ketika melakukan perjalanan dari Jakarta menuju ke Padang dan sebaliknya.

Aetiap harinya ada 9 hingga 10 unit armada bus ANS yang melayani penumpang dari Sumbar menuju ke pulau Jawa.

1. PO NPM

Armada NPM
Armada NPM Sutan Class yang baru diluncurkan. [Foto: Ist]
NPM atau singkatan dari Naikilah Perusahaan Minang memang masih menjadi yang paling atas dalam jumlah keberangkatan bus menuju Pulau Jawa dari sekitar kawasan Sumbar.

PO bus tertua di Indonesia yang hingga kini masih beroperasi ini, pada setiap harinya memberangkatkan 10 hingga 13 armada bus dari kawasan sejumlah daerah di Sumbar menuju ke pulau Jawa.

Baca Juga: PO Bus Sinar Jaya Semakin Merangsek di Sumatra, Tambah Trayek Baru Lagi!!

Nah itulah 8 Po bus yang memiliki trayek keberangkatan AKAP Sumbar – Jawa paling banyak setiap harinya. Kamu sendiri pernah coba PO yang mana? Silahkan berkomentar di media sosial Padangkita.com pada link berita ini. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist