Perkuat Jaringan Sumbar, XL Axiata Dukung Kebangkitan Ekonomi Digital 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Dukung kebangkitan ekonomi digital di Sumatra Barat (Sumbar), PT XL Axiata Tbk perkuat jaringan 4G.

Saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 1.021 desa/kelurahan di 150 kecamatan dan 18 kota/kabupaten di Sumbar.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan penyediaan jaringan data berkualitas ini sekaligus merupakan bentuk nyata upaya XL Axiata mendukung pemerintah daerah meningkatkan ekonomi digital termasuk pariwisata Sumbar.

“Jaringan 4G menjadi infrastruktur utama penopang digitalisasi di berbagai bidang. Karena itu, kita gencar membangun jaringan memperluas ke area baru dan penguatan kualitas di area yang sebelumnya sudah ada jaringan kami” terangnya Jumat (2/11/2022).

XL Axiata mencatat saat ini jumlah pelanggan di Sumatra Barat ada lebih dari 880 ribu pelanggan.

“Saat ini dari 3.250 ribu BTS, termasuk di antaranya sekitar 2.000 BTS 4G. Dalam 2 tahun terakhir ini, peningkatan trafik di seluruh Sumbar sekitar 85%. Pertumbuhan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Sijunjung yang mencapai hingga 398%,  Sawahlunto 397%, dan Pasaman Barat 185%. Di Padang sebagai ibukota provinsi, trafik meningkat 18%.” sambungnya.

Melihat pesatnya permintaan masyarakat, XL Axiata melakukan perluasan di 82 kecamatan yang berada di hampir seluruh kota/kabupaten.

“Antara lain adalah Agam, Dharmasraya, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Solok, Tanah Datar, Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Pariaman, Payakumbuh, Kota Sawah Lunto, dan Kota Solok.” paparnya.

Sementara itu, jaringan 4G XL Axiata juga melayani jalur transportasi utama di Sumatra Barat. Jalur-jalur tersebut seperti Padang – Bukittinggi, Bukittinggi – Pekanbaru, Padang – Pesisir Selatan, serta jalur tengah Trans Sumatera di Sumatera Barat.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan terkait dengan terjadinya peningkatan trafik antara lain dengan melakukan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optic, penambahan kapasitas BTS dan optimalisasi jaringan.

“Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk sejumlah area destinasi wisata dan kawasan industri. Dalam dua tahun terakhir, XL Axiata melakukan penambahan sekitar 150 BTS,” terangnya.

Perluasan jaringan data di Sumbar hingga akhir tahun masih ada 18 BTS yang akan dilakukan penambahan jaringan di Padang, Agam, Limapuluh Kota, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, Solok, Tanah Datar, Kota Payakumbuh, dan Dharmas Raya.

Head of Sales XL Axiata area Sumbar – Jambi, Trisna Gunawan mengatakan, untuk memastikan masyarakat dan pelanggan mudah mendapatkan produk XL Axiata, saat ini di Sumbar ada sekitar 1.500 toko pulsa yang menyediakan produk XL Axiata (XL dan AXIS) yang tersebar hingga ke desa-desa.

Melalui toko-toko jaringan distribusi tersebut, pelanggan juga bisa mendapatkan informasi dan juga menyampaikan keluhan, di mana selanjutnya pengelola toko akan meneruskannya ke layanan pelanggan XL Axiata.

Baca JugaPersiapan Hadapi Dunia Kerja, XL Axiata Beri Pembekalan Kepada 1200 Wisudawan Unand 

“XL Axiata akan terus mempermudah masyarakat dan pelanggan dalam mendapatkan produk maupun layanan pengaduan.” pungkasnya. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist