Peretas Situs Polda Sumbar Sempat Unggah Informasi Soal Dugaan Penghinaan ke Gubernur Sumbar

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Situs web e-dumas Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar), kini tak bisa dibuka atau tidak bisa diakses. Saat berita ini disusun, pukul 16.47 WIB, situs web yang diduga telah diretas tersebut tidak aktif.

Sebelumnya, peretas sempat mengunggah sebuah informasi pada situs tersebut. Di situs web tersebut, seperti yang dlihat Padangkita.com, peretas mem-posting sebuah tangkapan layar sebuah akun Facebook dengan nama pengguna Robi Candra Koto Agam.

Pada tangkapan layar yang diposting itu terdapat sebuah tulisan “450 juta. klw (kalau, red) tidak di ganting (ganti, red) mhayeldi uwang (uang, red) Robi.  Sampai hari kiamat Robi tuntut”.

Kemudian, pada tangkapan layar itu juga terdapat tulisan “Mhayeldi Gubernur Sumatra Barat. Alun juo ganti barang den yg hilang. (Belum juga juga ganti barang saya yang hilang, red)”.

Sementara pada laporannya, peretas meminta agar orang yang disebut pada tangkapan layar tersebut segera ditangkap oleh Polda Sumbar dengan alasan telah menghina Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah.

“Tolong segera diringkus orang yang ada di foto tersebut pak, karena telah menghina bapak Mahyeldi dengan kata-kata kotor,” tulis peretas.

Pelaporan tersebut dibuat pada 21 Juli 2021 pada kolom berita oleh Admin Polda Sumbar dengan judul “Hacked By Padang Cyber Team”.

Kemudian, juga terdapat tulisan “hacked by Padang cuber team” dan juga tulisan “Greetz: Randovlsky Crew-Gantengers Crew” pada bagian bawah informasi tersebut.

Baca juga: Situs Polda Sumbar Diduga Diretas, Pelaku Belum Terlacak

Sebelumnya, situs tersebut diretas oleh seseorang yang mengatakan dirinya Padang Cyber Team. Dikonfirmasi Padangkita.com, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, akan segera mengecek terkait dugaan peretasan tersebut. [mfz/pkt]

Terpopuler