Situs Polda Sumbar Diduga Diretas, Pelaku Belum Terlacak

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Situs resmi pengaduan masyarakat atau e-dumas Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) diduga diretas.

Dilihat Padangkita.com, pada tampilan situs https://e-dumas.poldasumbar.com pada laman pertamanya terdapat tulisan “Hacked by Padang Cyber Team” dengan gambar seseorang pria yang sedang membakar rokok berlatar hitam.

Dalam gambar itu pula terdapat tulisan “Indonesian Hacker Rulez”. Kemudian, juga tedapat gambar animasi serupa burung hantu berlatar hitam dengan tulisan yang sama, “Hacked by Padang Cyber Team”. Kemudian, di bawah tulisan itu terdapat tulisan “Saya Ganteng Banget”.

Tidak hanya itu, pada pilihan menu situs tersebut terdapat piliha dengan kata “Ganteng” yang jika diklik tidak ditemukan halaman terkait menu tersebut atau akan keluar kalimat “Not Found” (tidak ditemukan.

Namun begitu, tampilan lainnya pada web tersebut terlihat tidak ada yang berubah, masih dengan tempilan yang sama, yaitu terdapat logo Polda Sumbar dengan tulisan “Pengaduan Masyarakat” di sisi kiri atas dan sebuah hotline pengaduan dan sebuah email pada tampilan detktop.

Dikonfirmasi Padangkita.com, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengaku belum mengetahui terkait dugaan peretasan tersebut.

Baca juga: Sosok Briptu Yogi Pradani, Personel Brimob Polda Sumbar yang Ikut Misi Perdamaian di Afrika Tengah

“Belum monitor saya, e-dumasnya ya? Coba saya tanya dulu,” kata Sateke dihubungi Padangkita.com melalui telepon selulernya, Kamis (22/7/2021) siang. [mfz/pkt]

Terpopuler