Pengprov FMI Sumbar Resmi Terbentuk, Begini Program Organisasi Pendaki Gunung Ini

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: FMI yang beraliansi dengan organisasi pendaki gunung internasional (UIAA yang berkedudukan di Swiss) telah memliki 14 pengurus provinsi

Padang, Padangkita.com – Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) Sumatra Barat (Sumbar) resmi terbentuk. Organisasi ini merupakan wadah berkumpulnya para pendaki gunung.

Pembentukan Pengprov FMI Sumbar, diawali dengan mandat yang diterima oleh Deni Prima Kurnia.

Pembentukan ini didukung penuh oleh beberapa organisasi pencinta alam yang ada di Kota Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, Kabupaten Sijunjung, Dharmasraya dan Tanah Datar.

“Jumlah ini lebih dari cukup untuk membentuk pengurus provinsi. Dalam aturan yang ditetapkan oleh pengurus besar FMI,” kata Deni Prima Kurnia, Selasa (6/4/2021).

Dikatakan juga, pembentukan pengurus provinsi, harus didukung sekurang-kurangnya oleh tiga kabupaten dan kota.

Deni menambahkan, setelah menerima Surat Keputusan (SK) pembentukan Pengprov Sumbar, dirinya akan menyusun kepengurusan lengkap Pengprov FMI Sumbar, serta merumuskan program kerja.

“Kami akan menambah kualitas organisasi pencinta alam dan pendaki gunung di Sumbar melalui berbagai macam latihan dan itu merupakan program jangka pendek yang akan dilaksanakan oleh Pengprov FMI Sumbar.

Hingga sekarang, FMI yang beraliansi dengan organisasi pendaki gunung internasional (UIAA yang berkedudukan di Swiss) telah memliki 14 pengurus provinsi.

Sumbar merupakan daerah ke-15 yang bernaung di bawah Pengurus Besar FMI, yang berkedudukan di Jakarta.

“Sebagai sebuah wadah nasional, FMI mempunyai misi untuk memasyarakatkan dan mewujudkan aktivitas mountaineering Indonesia yang profesional,” kata Deni.

Hal itu demi terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran bangsa melalui kegiatan sains dan teknologi, konservasi, ekowisata, olahraga dan petualangan.

Dia menjelaskan, FMI lahir tahun 2005 lalu, yang dimotori oleh pendaki gunung profesional dan sesepuh pencinta alam Indonesia, almarhum Herman O Lantang.

Baca juga: Ekspor Manggis Sumbar ke Tiongkok Bisa Jadi Devisa Utama

Selain beranggotakan organisasi pendaki gunung, FMI juga mempunyai keanggotaan perorangan. [pkt]

Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist