Pemko Pariaman Segera Bangun Gedung Perpustakaan yang Representatif

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman akan mengupayakan pembangunan perpustakaan daerah yang representatif dengan bantuan biaya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat.

Hal tersebut dikuatkan dengan turunnya tim verifikasi lapangan oleh Biro Perencanaan dan Keuangan Perpustakaan Nasional RI, Sumitro, dan Usamah Fahmi, dari Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpustakaan Nasional RI. Mereka didampingi langsung oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar meninjau lokasi pembangunan, Selasa (28/6/2022).

Untuk lokasi bangunannya, berada di tanah milik Pemko Pariaman di kawasan By Pass, tepatnya di Desa Tanjung Sabar. Lokasi ini dekat dengan kampus dan berada di tengah-tengah Kota Pariaman dengan akses yang mudah untuk dijangkau.

Menurut Wako  Genius Umar, saat ini memang telah ada pustaka daerah, namun infrastrukturnya belum memadai dan masih memiliki keterbatasan, sehingga  Pemko mengusulkan ke Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional RI untuk membangun pustaka daerah yang layak.

“Hal ini kita bangun karena banyak sekolah-sekolah dan perguruan tinggi yang sudah ada di Kota Pariaman, yang tentunya siswa dan mahasiswanya memerlukan banyak bahan bacaan,” ujar Genius.

Genius menambahkan, pusataka yang representatif nanti akan menunjang kegiatan dan aktivitas generasi muda di Kota Pariaman dalam menumbuhkan minat baca dan pengembangan ilmu serta dapat diaplikasikan dalam wujud membangun generasi muda yang terampil, dan berakhlak.

Baca Juga: Tindak Lanjuti 240.06 Hektare Lahan untuk LSD, Wako Pariaman Temui Kementerian ATR/BPN

“Semoga, secepatnya bisa kita bangun dan dimanfaatkan oleh generasi muda kita di Kota Pariaman dalam dukungan menuntut ilmu, dan bermanfaat juga sebagai pusat kegiatan pemuda yang produktif dan berilmu pengetahuan,” kata Wali Kota Genius Umar. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist