Pemko Padang Bakal Bangun Taman Kota di Tiap Kecamatan

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang berencana bakal menambah jumlah dan luas ruang terbuka hijau (RTH). Minimal, targetnya satu kecamatan satu taman.

Kepala Bidang (Kabid) Taman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Anggun Basuki mengatakan sesuai dengan arahan Wali Kota Padang, nantinya setiap kecamatan terdapat minimal satu taman.

“Saat ini kita baru sekitar 10 taman yang tersebar di 11 kecamatan. Idealnya tiap kecamatan masing-masing ada satu,” kata Anggun dalam perbincangan dengan Padangkita.com, pekan lalu.

Saat ini, kata Anggung, DLH telah mengajukan pembangunan Taman Layak Anak dan satu taman di depan kantor camat Lubuk Begalung (Lubeg).

“Karena Kota Padang meraih predikat layak anak, saat ini kita tengah mencari lahan membangun Taman Layak Anak. Selain itu kita juga merencanakan pembangunan taman di kawasan Lubeg, kemungkinan lahan di depan kantor camat,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, keterbatasan lahan menjadi salah satu kendala sulitnya mewujudkan satu taman per kecamatan.

“Seperti kita tahu, lahan kita terbatas, jadi memang mesti butuh waktu dan bertahap,” sambungnya.

Fasilitas Taman Rusak

Saat ini beberapa fasilitas bermain yang ada di taman-taman, mengalami kerusakan. Seperti fasilitas bermain di Taman Tan Malaka.

Menanggapi hal tersebut, Anggun menjelaskan bahwa pihaknya sudah beberapa kali melakukan perbaikan namun kembali rusak.

Baca juga: Pemerintah Pusat Buat Bingung Pemko Padang Soal PPKM Level 4, PTM Akhirnya Lanjut

“Kalau untuk perawatan taman, tiap hari ada petugas yang melakukan. Tapi untuk fasilitas tempat bermain kita tidak bisa terus melakukan pengawasan. Di Taman Tan Malaka sudah tiga kali kita lalukan perbaikan (fasilitas) tapi entah bagaimana bisa rusak lagi, entah bagaimana pengunjung bermain sampai seperti itu kondisinya,” sesalnya. (*/pkt)

Terpopuler