Pemko Bukittinggi Gerak Cepat Tangani Dampak Kebakaran Pasar Bawah

Penulis: Fuadi Zikri

Bukittinggi, Padangkita.com – Puluhan pedagang kehilangan tempat berdagang akibat kebakaran yang terjadi kawasan Pasar Bawah, Kota Bukittinggi, Rabu (24/11/2021) dini hari.

Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bukittinggi, setidaknya 25 kios pedagang ludes terbakar dalam kebakaran yang terjadi pada pukul 00.45 WIB itu.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Bukittinggi Martias Wanto mengatakan, Pemerintah Kota Bukittinggi akan menggelar pertemuan dengan para pedagang yang tertimpa musibah tersebut.

“Sekarang kita menggelar pertemuan dengan para pedagang terkait musibah ini,” ujarnya kepada Padangkita.commelalui telepon seluler.

Ia menyebut, dalam pertemuan itu Pemko Bukittinggi akan mendata ulang berapa kios atau lapak yang terdampak peristiwa kebakaran tersebut serta total kerugian.

Sejauh ini, kata Martias, dari informasi yang diperoleh pihaknya, puluhan kios yang terbakar itu menjual kebutuhan harian, pecah belah, makanan dan oleh-oleh, serta rempah-rempah.

“Dalam pertemuan itu, nanti juga akan kita tanya kepada para pedagang, apakah akan disediakan lapak sementara atau tidak,” terangnya.

Seperti kebakaran yang sebelumnya terjadi di Pasar Aur Tajungkang, Martias mengungkapkan, para pedagang tidak meminta lapak sementara kepada Pemko Bukittinggi.

“Kebakaran sebelumnya, para pedagang meminta agar pembangunan kios baru disegerakan. Kita tanggapi, setelah penyelidikan polisi selesai langsung kita kerjakan. Sekarang sudah mulai pengerjaan,” kata Martias.

“Jika pedagang di sini nantinya minta kios sementara sembari menunggu kios yang terbakar dibangun ulang, akan kita sediakan. Kalau minta percepatan pembangunan akan kita segerakan juga,” sambungnya.

Baca juga: Ternyata Ada 2 Titik Kebakaran di Pasar Bawah Bukittinggi Dini Hari Tadi

Sejauh ini, data sementara, kerugian dari kebakaran ini mencapai Rp625 juta. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist