Pemerintah Tegaskan 22 Mei Bukan Cuti Bersama, PNS dan BUMN Tetap Kerja

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Pemerintah menegaskan tanggal 22 Mei 2020 bukan hari cuti bersama. Sehingga seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dan pegawai BUMN harus tetap bekerja seperti biasanya.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi.

“Tangal 22 mei ini tahun 2020 itu bukan hari cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN. Untuk itu, ASN dan Pegawai BUMN tetap masuk seperti biasa, jadi tidak ada libur,” ujar Muhadjir dilansir dari Kompas TV, Kamis (21/5/2020).

Muhadjir menyatakan, keputusan tersebut merupakan hasil rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

“Tadi rapat yang juga singkat menetapkan tanggal 22 Mei tahun 2020 bukan hari cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN,” jelasnya.

Tanggal 22 Mei yang jatuh Besok, Jumat, merupakan “hari kejepit” karena hari ini Kamis (21/5/2020) libur Kenaikan Isa Al Masih.

Lalu, sehari setelahnya tanggal 23 Mei adalah hari Sabtu atau libur bagi ASN dan Pegawai BUMN.

Baca juga: Pemerintah Cabut Cuti Bersama Hari Raya, Begini Revisi Libur Nasional Terbaru

Kemudian, libur akan berlajut pada Minggu dan Senin karena peringatan Idulfitri.

Sebelumnya, Pemerintah memutuskan untuk mencabut cuti bersama Hari Raya Idul Fitri yang sebelumnya ditambahkan pada tanggal 26-29 Mei 2020.

Cuti bersama tersebut kemudian digeser ke ke akhir tahun pada tanggal 28-31 Desember 2020.

Perubahan ini dilakukan dalam rangka upaya percepatan penanganan virus corona atau covid-19 di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pergeseran ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa Covid-19 telah tertangani dengan baik.

“Tambahan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri semula sejak tanggal 26-29 Mei 2020, dicabut dan digeser ke akhir tahun pada tanggal 28-31 Desember 2020,” ujarnnya dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Jumat (10/4/2020).

Menurut Menko, akhir tahun merupakan waktu yang tepat bagi keluarga untuk mempersiapkan liburan karena anak-anak dalam masa liburan sekolah. [*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist