Pembukaan Rakerwil Apkasi di Jawa Timur, Sutan Riska: Kerjasama Perdagangan Antar Daerah Perlu Diperkuat

Penulis: Redaksi

Jawa Timur, Padangkita.com – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang dikomandoi Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Jawa Timur dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Rabu (01/12/2021).

Dalam sambutannya, Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur yang sudah hadir dalam pembukaan Rakerwil tersebut.

“Kami mohon arahan ibu gubernur, khusus kepada para bupati dan pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten se-Jawa Timur, sehingga mampu melaksanakan fungsi pemerintahan dengan baik, demi tercapainya kemajuan pembangunan daerah-daerah di wilayah Jawa Timur khususnya dan kemajuan seluruh wilayah Indonesia pada umumnya,” ujar Sutan Riska.

Bagi dewan pengurus Apkasi di tingkat pusat, kata Sutan Riska, kegiatan Rapat Kerja seperti yang dilakukan oleh Koordinator Wilayah Apkasi Jawa Timur, merupakan kegiatan yang sangat memegang peranan penting bagi terlaksana atau tidaknya peran dan fungsi Apkasi itu sendiri.

Dengan kata lain, lanjut Sutan Riska, Korwil merupakan ujung tombak atau kepanjangan tangan Apkasi dalam menjalankan perannya di satu wilayah propinsi, yakni memfasilitasi dan memperjuangkan berbagai kepentingan anggotanya, baik di tingkat pusat maupun propinsi.

“Saya pribadi maupun mewakili pengurus pusat, sangat mengapresiasi langkah proaktif yang diambil Koordinator Apkasi Wilayah Jawa Timur, Bupati Jember, Bapak Hendi Siswanto untuk menggelar kegiatan ini. Mudah-mudahan, dari kegiatan rapat kerja, akan dapat diinventarisir berbagai isu-isu sekaligus solusi yang ditawarkan terkait pelaksanaan pemerintahan secara umum di tingkat kabupaten yang perlu diperjuangkan Apkasi di tingkat propinsi ataupun pusat,” ungkapnya.

Sebagaimana tercantum dalam Anggaran Dasar Apkasi, ucap Sutan Riska, bahwa salah satu tugas pokok dan fungsi Apkasi, yaitu memfasilitasi dan mendorong terciptanya kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas daerah, serta kerjasama daerah dalam rangka pengembangan potensi ekonomi dan sosial budaya daerah.

“Jadi, saya memandang sudah sangat tepat agenda rapat kerja Apkasi Korwil Jawa Timur yang akan menginventarisir potensi ekonomi daerah dalam rangka peningkatan kerja sama daerah, dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dari Kementerian Dalam Negeri,” jelasnya.

Sutan Riska menambahkan, misi meningkatkan dan memperkuat kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan antar daerah, juga sesuai dengan arahan Presiden Jokowi saat membuka Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021.

Baca juga: Ini Pesan Bupati Sutan Riska untuk Para Guru di Dharmasraya

“Beliau menyatakan, perlu terus diperkuat dan dikembangkan kerjasama perdagangan antar daerah, antar kabupaten, antar propinsi dan antar pulau. Dan setiap daerah diminta sebaiknya fokus pada produk unggulannya masing-masing. Jangan semua dikerjakan, sehingga ke depan bisa saling menopang. Dengan memperkuat kerjasama ekonomi antar kabupaten se-Jawa Timur ini, maka diharapkan kekuatan ekonomi di regional Jawa Timur bisa semakin kuat,” kata Sutan Riska. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist