PDIP Sumbar Jaring Bakal Caleg, Target Tiap Dapil Raih 1 Kursi

Padang, Padangkita.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumatra Barat (Sumbar) menjaring calon legislatif (Caleg) yang bakal diusung di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara daring.

“Kami PDIP telah membuat sistem pendaftaran caleg secara online. Dalam hal ini, kami PDIP membuka pintu yang seluas-luasnya bagi masyarakat umum untuk mendaftar sebagai caleg,” ujar Ketua DPD PDIP Sumbar, Alex Indra Lukman, Sabtu (17/9/2022).

Penjaringan ini berlaku untuk semua tingkatan, baik Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Selain itu, PDIP juga akan merumuskan daftar bakal calon sementara. Karena kita diminta oleh DPP untuk mengajukan dua kali kuota,” jelasnya.

“Itu nanti juga melalui mekanisme seleksi di DPP partai sebelum ditetapkan menjadi bakal calon sementara,” imbuh Alex.

Untuk itu, pihaknya pun hari ini menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) di Pangeran Beach Hotel. Dalam Rakerda ini, dilakukan penyampaian sosialisasi peraturan partai terkait penyusunan daftar calon menghadapi Pileg 2024.

Dalam Pileg 2024 di Sumbar, pihaknya menargetkan meraih satu kursi tiap daerah pemilihan (Dapil).

Baca Juga: Demokrat Dukung AHY di Pilpres 2024, Mulyadi Optimis Tokoh Minang Kembali Berjaya

“Itu yang wajib. Namun, andaikan kemudian, jika lebih dari satu kursi di Dapil yang bersangkutan, itu adalah hak yang bersangkutan,” sebutnya. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist