Pasien Positif Covid-19 yang Meninggal di Pasbar Dimakamkan Tanpa Protokol, Ini Penyebabnya

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru: Warga Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman, Pasbar berinisial SY, 63 tahun dinyatakan positif Covid-19 sehari setelah meninggal dunia

Simpang Empat, Padangkita.com – Seorang warga Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berinisial SY, 63 tahun dinyatakan positif Covid-19 sehari setelah meninggal dunia dan telah dimakamkan oleh pihak keluarga tanpa protokol kesehatan.

Almarhum SY ini dinyatakan meninggal dunia pada hari Jumat (11/9/2020) sore sedangkan hasil pemeriksaan swab yang menyatakan positif Covid-19 baru keluar pada hari Sabtu (12/9/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pasbar, Gina Alecia mengatakan keterangan itu berdasarkan informasi dari Laboratorium Unand Padang Nomor: 669/09/PDRPI-FK/2020 tanggal 12 September 2020 terhadap hasil swab yang dikirim RSUD Pasbar.

“Di sana dinyatakan satu orang warga kita terkonfirmasi positif Covid-19 yang sebelumnya telah meninggal dunia dan saat ini telah kita lakukan tracing dan testing untuk memutus mata rantai penyebarannya,” kata Gina kepada Padangkita.com, Minggu (13/9/2020) siang.

Dijelaskan, almarhum SY sebelumnya sempat dirawat di ruang ICU RSUD Pasbar sejak Kamis (10/9/2020) dan saat itu juga langsung dilaksanakan tes swab.

“Saat dirawat hingga meninggal dunia, SY belum diketahui positif Covid-19,” tegas Gina Alecia.

Baca Juga: Satu Pegawai Positif Covid-19, Seluruh Personel Kejaksaan Negeri Pasbar Ikuti Tes ‘Swab’ Massal

Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Bumi Mekar Tuah Basamo ini.

“Mari selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan,” imbuhnya.

Hingga saat ini, total jumlah kasus positif Covid-19 di Pasbar sebanyak 37 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 19 orang telah sembuh, satu orang meninggal dunia dan masih menjalani isolasi di RSUD sebanyak 17 orang. [rom/pkt]


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.