Pakai Baju Tulisan Bismillah, I.M Monsta X Dihujat Habis-Habisan

Penulis: Erika

Berita KPop: Foto teaser solo ‘Duality’ I.M MONSTA X menuai kontroversi.

Padangkita.com – I.M, personel termuda grup idola K-pop MONSTA X akan memulai debut solo dengan merilis mini-album bertajuk Duality.

Namun, usai postingan foto dari konsep menjelang album solo debutnya, I.M mendapatkan respon yang tidak mengenakkan dari warganet.

Pasalnya, satu dari tiga foto yang diunggah sebagai teasernya, penggemar menemukan kejanggalan di foto tersebut.

Di mana terdapat sebuah lafaz Basmalah “Bismillahirrahmannirrahim” dalam bahasa arab pada baju yang dikenakan oleh I.M.

Lafaz Bismillahirrahmannirrahim memiliki arti “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyanyang”.

Dalam agama Islam, lafaz Basmalah selalu diucapkan oleh umat Muslim di berbagai kesempatan atau kegiatan sehari-harinya, terutama sebelum membaca Al-Qur’an atau berdoa.

Lantas, isu I.M yang mengenakan baju berlafaz Basmalah tersebut mendapatkan perhatian, khususnya dari kalangan penggemar dan juga netizen yang beragama Islam.

Foto I.M dikhawatirkan dapat menimbulkan ketidakpekaan budaya dan agama yang ditunjukkan oleh idola Kpop dari waktu ke waktu.

Sejumlah netizen menyayangkan kecerobohan agensi dan juga penata busana, ketimbang menyalahkan si idol langsung.

Ada juga netizen yang marah dengan kejadian ini karena I.M dan pihak agensi Starship Entertainment dianggap telah melecehkan Islam.

Setelah memicu kontroversi di kalangan netizen global, pihak agensi Starship Entertainment mengeluarkan permintaan maafnya secara resmi melalui fan cafe resmi MONSTA X. Pihak agensi juga juga telah menghapus semua foto teaser yang menuai kontroversi itu.

“Ini Starship Entertainment. Mengenai foto konsep yang dirilis untuk Album Mini Digital I.M DUALITY, kami telah menghapus semua foto dengan pakaian yang termasuk cetakan religius,” kata Starship Entertainment.

“Kami seharusnya mengambil tindakan lebih lanjut untuk memastikan tidak ada implikasi religius dalam foto konsep sebelumnya dan kami menyesal tidak dapat menelitinya sepenuhnya,” lanjutnya.

Pihak agensi meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dengan tindakan mereka.

Agensi juga berjanji untuk ke depannya lebih berhati-hati dan tindakan yang menuai kontroversi itu tidak akan terulang lagi. [*/rik]


Baca berita KPop terbaru hanya di Padangkita.com.

 

Terpopuler

Add New Playlist