Novel Baswedan Beberkan Tips Bisa Sembuh dari Covid-19

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Penyidik Senior KPK, Novel Baswedan menyatakan dirinya dan keluarga telah berstatus negatif virus Corona atau Covid-19.

Setelah menjalani isolasai mandiri selama 11 hari, Novel beserta keempat anaknya yang dinyatakan positif Covid-19 kini dinyatakan telah sembuh.

“Setelah menjalani isolasi mandiri selama 11 haru, saya bersama dengan keluarga kembali melakukan tes swab. Alhamdulillah hasilnya sudah negatif,” cuit Novel, Rabu (9/9/2020).

Novel pun membagikan tips agar sembuh dari Covid-19. Ia menjelaskan tiga poin penting yang dilakukannya selama isolasi mandiri.

Poin pertama, menurut Novel, adalah menjaga psikis dirinya dan keluarga agar tetap tenang dan baik.

“Karena khawatir, takut, marah, dan sedih justru membuat imun tubuh tidak bekerja dengan efektif (itu yang saya pahami dari beberapa dokter)” ujar Novel.

Baca juga: Sudah 71 Persen Pasien Covid-19 Indonesia Dinyatakan Sembuh

Selain menjaga kondisi psikis diri, Novel juga memperbanyak istirahat. Dengan demikian, energi tubuh akan optimal digunakan untuk imun tubuh bekerja.

Kemudian, Novel juga banyak mengonsumsi ramuan herbal dan probiotik selama menjalani isolasi mandiri. Kunyit dan kencur adalah ramuan herbal yang rutin diminum oleh Novel setiap harinya.

Termasuk ramuan jahe yang diberi setetes minyak kayu putih.

“Kunyit dan kencur diparut dan diseduh dengan air hangat, dicampur dengan madu,” ungkap Novel.

Selain ramuan herbal, Novel dan keluarga juga mengonsumsi beberapa suplemen yang dianjurkan oleh dokter, seperti vitamin C, D, E dan zinc.

“Semoga bermanfaat. Bagi yang sedang sakit semoga lekas sembuh,” tutur Novel.

Sebelumnya pada Jumat (28/8/2020), Novel bersama 22 orang lainnya di KPK dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan tes swab.

Novel sempat demam dan batuk lalu menjalani tes usap, namun saat ini kondisinya stabil dan akan menjalani isolasi mandiri.

Novel kemudian juga mengabarkan istri dan keempat anaknya ikut terpapar.

KPK selanjutnya mengambil kebijakan bagi seluruh pegawainya untuk bekerja di rumah mulai Senin (31/8/2020) sampai Rabu (2/9/2020). [*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com